Pemkab Agam Buktikan Tekadnya Hijaukan Daerah

:


Oleh MC Kab Agam, Jumat, 23 September 2016 | 15:51 WIB - Redaktur: Tobari - 428


Agam, InfoPublik – Pemkab Agam bertekad untuk menghijaukan daerah itu, dan itu dibuktikan dengan perbuatan nyata, menyusul diserahkannya 2.750 batang bibit tanaman kepada Ketua Yayasan Hutan Lestari Indonesia (YHLI), dan KUD Tiku Limo Jorong, di kebun bibit Bupati Agam, Kamis (22/9). 

“Bibit tanaman tersebut meliputi alpokad, mahoni, pinang, dan pala. Penyerahan bantuan bibit tanaman dimaksud, juga sinkron dengan pelaksanaan Program Agam Menyemai,” kata Kepala Dinas Kehutanan dan Perkebunan (Hutbun) Agam Ir. Yulnasri, MM, ketika menyerahkan bibit tersebut,

YHLI adalah sebuah yayasan yang bertekad menghijaukan hutan di Kabupaten Agam. Untuk tahap awal, yayasan yang dipimpin Ardedi Tanjung itu, akan menghijaukan kawasan Salingka Danau Maninjau.

Pemkab Agam akan membantu kegiatan penghijauan tersebut sekuat tenaga, karena manfaatnya sangat jelas untuk kepentingan warga dan daerah, serta nasional. 

Danau Maninjau akan kekurangan pasokan air, bila hutan di sekitarnya tidak dipelihara. Upaya yang dilakukan Ardedi jelas untuk memperbaiki dan memelihara kondisi hutan di kawasan sekitar Danau Maninjau. “Bila air tersedia, Danau Maninjau tidak kekurangan air, maka PLTA Maninjau akan terjamin operasionalnya,” ujar Yulnasri. 

Kawasan pendukung (cachtman area) Danau Maninjau adalah hutan yang terdapat di sekeliling danau, dalam wilayah Kecamatan Tanjung Raya, Matur, Malalak, dan Palembayan. (MC Agam/toeb)