Plengsengan Sungai Di Patean Sumenep Jebol Diguyur Hujan Deras

:


Oleh MC Kabupaten Sumenep, Kamis, 26 Januari 2017 | 19:04 WIB - Redaktur: Tobari - 666


Sumenep, InfoPublik  -  Hujan deras selama 10 jam yang mengguyur kawasan Kabupaten Sumenep, Madura, Jawa Timur, menyebabkan plengsengan sungai yang ada di Desa Patean, Kecamatan Batuan, jebol. Akibatnya, puluhan hektare lahan padi yang ada di sekitar sungai tersebut terendam air.

"Jebolnya plengsengan sungai Patean tersebut, diduga akibat tidak mampu menahan debit air hujan, yang turun semalaman,” kata Didik (35), salah satu warga Desa Patean, Kamis (26/1).

Terendamnya puluhan hektare lahan tanaman padi milik warga setempat, mengakibatkan mereka terancam gagal panen. Hal itu karena, luapan air sungai Patean merendam tanaman padi milik warga, dan hingga sore ini air tersebut belum surut.

Ia meminta Pemerintah Kabupaten Sumenep utamanya instansi terkait agar turun tangan, membantu memperbaiki plengsengan yang jebol. Sebab jika tidak, tanaman padi masyarakat, akan membusuk dan gagal panen.

“Jangan dibiarkan saja kejadian ini. Kalau plensengan yang jebol tidak segera diperbaiki, maka masyarakat akan menjadi korban. Karena air sungai Patean tidak hanya merendam tanaman padi, melainkan sudah masuk ke rumah-rumah warga,” katanya.  ( Nita/Fer/toeb)