Ketua KPU: Pilkada Serentak di 171 Wilayah Indonesia Lancar dan Aman

:


Oleh MC PROV JAWA TIMUR, Kamis, 28 Juni 2018 | 10:15 WIB - Redaktur: Gusti Andry - 294


Surabaya InfoPublik - Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI menegaskan pelaksanaan Pilkada serentak 171 wilayah di Indonesia secara keseluruhan berjalan lancar dan aman, meski ada persoalan kecil di satu kabupaten di Papua.

Hal ini disampaikan Ketua KPU RI Arief Budiman usai menggelar konferensi pers di Pendopo Delta Wibawa Kabupaten Sidoarjo, Rabu (27/6). "Laporan sementara hanya ada kendala terlambatnya pengiriman logistik pemilu di salah satu kabupaten di wilayah Papua," tuturnya.

Mantan Anggota KPU Jatim ini menjelaskan keterlambatan pengiriman logistik pemilu di Papua tersebut merupakan dampak adanya peristiwa penembakan pesawat pengangkut logistik pemilu beberapa hari lalu.

Bahkan dalam peristiwa itu, pilot pesawat sempat terluka terkena tembakan. "Namun saya tetap meminta agar pelaksanaan pilkada di wilayah tersebut tetap bisa dilakukan hari ini juga," ujarnya.

Arief pun berharap situasi kondusif ini akan tetap berjalan hingga proses penghitungan surat suara selesai dilakukan.

Pilkada serentak digelar di 171 wilayah di Indonesia, terdiri atas 17 provinsi, 39 kota dan 115 kabupaten. Di Provinsi Jatim ini sendiri terdapat 18 Pilkada di kabupaten/kota dan satu Pilgub Jatim. (MC Diskominfo Prov Jatim/non-pca)