Masyarakat Bekasi Antusias Kawal Pilkada Serentak

:


Oleh Tri Antoro, Rabu, 27 Juni 2018 | 20:44 WIB - Redaktur: Juli - 318


Bekasi, InfoPublik - Antusiasme masyarakat Kota Bekasi, Jawa Barat, untuk menyukseskan pesta demokrasi Pilkada Serentak sangat tinggi, terbukti dari mulai pemungutan suara hingga perhitungan suara di Tempat Pemilihan Suara (TPS) tetap dipenuhi masyarakat pada Rabu (27/6).

Berdasarkan pantuan InfoPublik, di TPS 87 yang diperuntukkan bagi penduduk sekitar Rt 1 sampai Rt 4, Kelurahan Duren Jaya, Kecamatan Bekasi Timur, sejak pagi pukul 07.00 WIB hingga pukul 13.00 WIB dipenuhi masyarakat yang memilih. Selepas itu, masyarakat tetap berkumpul hingga sore hari pukul 15.00 WIB untuk menyaksikan perhitungan suara hasil dari pemungutan suara yang telah dihimpun.

Mekanisme pencoblosan suara di TPS, masyarakat membawa surat suara dan identitas diri seperti KTP elektronik, SIM, Pasport atau pengenal lainnya. Kemudian menunggu di ruang tunggu yang disediakan oleh TPS, sampai petugas TPS memanggil yang bersangkutan untuk ke bilik suara.

Lokasi TPS ini terletak di lapangan serba guna di kantor RW setempat, masyarakat yang memilih di sini merupakan warga Rt 1-4 Kelurahan Duren Jaya, Kecamatan Bekasi Timur. Jarak antara TPS dengan rumah warga pun tergolong cukup dekat yakni sekitar 500 meter, dengan waktu tempuh 5-10 menit.

Penduduk yang memberikan suaranya di sini ada sekitar 500-600 sesuai dengan data yang dirilis oleh KPUD Kota Bekasi. Meskipun terkesan sederhana tidak ada hal yang unik, masyarakat juga tetap semangat menyukseskan ajang lima tahunan ini untuk menentukan pemimpin yang dipilih oleh keinginan rakyat.

"Penting bagi saya ikut coblos pilkada saat ini, supaya jago saya menang," ujar Hasan Hasta (60) Warga Rt 1, Kelurahan Duren Jaya, Kecamatan Bekasi Timur.

Dia berharap, ke depannya pemimpin baru yang terpilih dapat membawa dampak positif bagi kesejahteraan masyarakat Jawa Barat. Meskipun, calon yang didukungnya tidak menang dalam kontestasi politik lima tahunan ini.