Mataram, InfoPublik - Tasyakuran Lebaran Topat diharapkan jadi semangat untuk memajukan Provinsi Nusa Tenggara Barat (NTB), khususnya Pulau Lombok.

"Mudah-mudahan memberikan semanagat untuk memajukan Lombok Barat sebagai leading sektornya dinas pariwisata," kata Kepala Dinas Pariwisata, Kabupaten Lombok Barat (Lobar), NTB, Ispan Juanedi kepada wartawan usai makan bersama perayaan Lebaran Topat di Pantai Duduk, Batu Layar, Lobar, NTB, Jumat (22/6).

Dijelaskannya, Lebaran Topat merupakan agenda rutin pemerintah Kabupaten Lobar dan Dinas Pariwisata yang dilaksanakan di Pantai Duduk Kec. Batu layar. "Sebagaimana bertahun-tahun Batu Layar telah menghipnotis Lobar bahkan penjuru Lombok datang melaksanakan atau meramaikan Lebaran Topat persis seminggu pasca Idul Fitri," ujarnya.

Menurutnya, pelaksanaan ini tidak lain mendongkrak kunjungan wisatawan terutama dimestik yang selalu ramai datang ke Senggigi yang selalu ramai karena menjadi icon pariwisata Lombok.

Ispan mengapresiasi para pihak yang mendukung terselenggaranya acara meskipun sederhana namun tetap berlangsung meriah. "Melaksanakan agenda ini meskipun sederhana tetap dilaksanakan. Terima kasih kepada semua pihak yang mendukung acara dan apresiasi pelaksanaan Tasyakuran Lebaran Topat 2018," tuturnya.

Sementara itu, mengenai kemungkinan besar banyaknya sampah di pantai setelah perayaan Lebaran Topat, pihaknya telah berkoordinasi dengan Dinas Kebersihan Lobar dan Tim untuk membersihkan sampah sisa makanan yang berserakan. "Selalu kita kawal bahwa sebelum agenda Topat H-1 bersama SKPD dan petugas karena disini keramaiannya luar biasa. Dibantu oleh Dinas Kebersihan dan juga tim untuk membersihkan setelah acara," pungkasnya.