Ratusan Personel Polri dan Tim Amankan Perayaan Topat Lebaran di Mataram

:


Oleh Wawan Budiyanto, Kamis, 21 Juni 2018 | 20:06 WIB - Redaktur: Juli - 259


Mataram, InfoPublik - Kepala Kepolisian Resor Mataram, Lombok, Nusa Tenggara Barat (NTB) AKBP Muhammad mengatakan pihaknya akan menurunkan sekitar 500 personel gabungan untuk mengamankan perayaan Topat Lebaran 2018.

"Untuk Lebaran topat di wilayah hukum Polres Mataram akan ditempatkan sekitar 500 personel yang dibantu dari Polda, di titik-titik garis pantai sepanjang 9,1 KM mulai dari Pantai Mengapa, Pantai Gading, Loang Baloq Ampenan sampai dengan Pantai Meninting," kata Muhammad kepada Infopublik di Mataram, Kamis (21/6).

Menurutnya, personel yang disiapkan nantinya akan dibantu oleh bawah kendali operasi (BKO) Polda NTB, Pol Air serta anggota Sabhara dengan berbagai peralatan Search and Rescue (SAR). "Peralatan SAR terbatas, namun sudah diback up Basarnas dan Dit Pol Air," sebutnya. 

Pihaknya akan menyiapkan anggota semaksimal mungkin untuk pengamanan yang tersebar baik di pusat pusat keramaian serta di sepanjang pantai. "Upaya apa yang dilakukan adalah imbauan untuk tidak mandi-mandi atau berenang sampai ke tengah lautan. Selain itu disiapkan dari Polair dari Sabhara dengan peralatan seadanya dan juga koordinasi dengan Basarnas atau Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) yang akan ditempatkan di sekitar Loang Baloq dan Pantai Ampenan," ujarnya.

Muhammad juga mengimbau, agar masyarakat tidak menggunakan mobil bak terbuka atau jenis pick up yang dipergunakan untuk mengangkut manusia atau mengatur orang karena kendaraan itu sesungguhnya adalah untuk mengangkut barang. "Antisipasinya supaya kalau kecelakaan tidak menimbulkan banyak korban," tegasnya.