Ketua DPR: Jurnalis Bangun Citra Negeri

:


Oleh Wandi, Kamis, 8 Februari 2018 | 11:04 WIB - Redaktur: Gusti Andry - 433


Jakarta, InfoPublik - Ketua DPR RI Bambang Soesatyo mengajak para wartawan dan masyarakat untuk ikut merayakan Hari Pers Nasional yang jatuh pada 9 Februari 2018.

“Hal ini patut kita rayakan, mengingat kembali akan jasa dari para pendahulu kita, para pahlawan-pahlawan jurnalis ini yang membangun citra yang baik di negeri ini,” ujar Bamsoet kepada wartawan di Gedung Nusantara III DPR RI, Senayan, Jakarta, Rabu (7/2).

Ia mengimbau kepada para wartawan untuk bisa lebih membuka diri dalam menjalani profesinya agar para wartawan bisa terlatih untuk menghadapi khalayak banyak. Wartawan, lanjutnya, tidak boleh merasa lebih rendah dari siapapun yang diwawancarainya, wartawan harus merasa sejajar dengan orang yang mereka wawancara.

“Ilmu itu lah yang harus kita bawa, yang kemudian menjadi pegangan hidup, bahwa kita tidak boleh rendah diri saat kita berhadapan dengan orang lain. Dan itu lah yang membuat kita para jurnalis, yang menjadi tokoh-tokoh sekarang itu tampil percaya diri,” katanya.

Menurutnya, tidak sedikit dari Anggota DPR RI yang memiliki basic sebagai wartawan, seperti Akbar Faizal. Sedangkan untuk jabatan Ketua DPR RI sendiri, Bamsoet merupakan orang ketiga setelah Adam Malik dan Harmoko, yang memiliki basic sebagai wartawan.

Saat ditanya mengenai kesejahteraan jurnalis di Indonesia, Bamsoet mengatakan bahwa jaminan kesejahteraan wartawan sudah diatur dalam peraturan menteri terkait. Namun dengan maraknya kebebasan pendapat yang terjadi saat ini, ia mempertanyakan apakah masih diterapkan aturan-aturan tersebut atau tidak. Karena menurutnya, wartawan adalah asset bagi perusahaan-perusahaan media di negeri ini.

“Jadi saya ucapkan, Selamat Hari Pers Nasional untuk kita semua, terutama untuk para wartawan seluruh Indonesia. Jadikan Hari Pers ini sebagai pemicu untuk menjadi individu yang berhasil, dan rancang hidup kalian dari sekarang ketika menjadi wartawan. Saya berharap, profesi ini bisa menjadi alat pacu untuk kalian semua dalam meraih cita-cita yang lebih tinggi,” tutupnya.