Sudinsos Jaktim Selamatkan Lansia Sakit Terlantar

:


Oleh G. Suranto, Senin, 15 Januari 2018 | 13:25 WIB - Redaktur: Juli - 356


Jakarta, InfoPublik – Sudah empat hari tidak makan dan terlantar di Pemakanan Pondok Kelapa, Jakarta Timur, Semin (60) dilaporkan warga sekitar karena sakit dan tidak berdaya ketika tertidur di pemakaman.

Warga melaporkan kondisi Semin kepada Petugas Pelayanan, Pengawasan dan Pengendalian Sosial (P3S) Jakarta Timur. Sebagai pertolongan pertama, petugas membawa lansia tersebut ke Puskesmas Pondok Kelapa.

“Menurut keterangan warga setempat, Pak Semin sudah 4 hari tidak makan dan minum. Selama ini tinggal di area makam karena nggak punya tempat tinggal,” ungkap Muslih, Petugas P3S Suku Dinas Sosial, Jakarta Timur, Senin (15/1).

Disebutkan, Semin biasanya mendapatkan uang dengan membersihkan pemakaman tersebut. Itu pun jika ada pihak keluarga yang meminta dirinya untuk membersihkan makam. Namun, belakangan pemakaman itu sepi pengunjung. Ini berpengaruh terhadap pendapatannya selama ini, sehingga membuat pemasukannya berkurang.

Di samping itu, pemakaman tersebut juga bukan pemakaman besar seperti Karet Bivak atau Tanah Kusir. Itu hanya pemakaman kecil yang berasal dari tanah wakaf warga.

“Pak Semin dulu punya rumah, tapi rumahnya dijual kemudian akhirnya sehari-hari di kawasan pemakaman Pondok Kelapa ini tidur seadanya di situ,” kata Muslih.

Selain itu, Semin ternyata mempunyai 4 orang anak. Mereka sudah berkeluarga namun tinggalnya berjauhan. Petugas pun berusaha menghubungi pihak keluarga agar mendapatkan perhatian yang lebih baik.

“Waktu selesai diperiksa dan dirawat oleh dokter Puskesmas, bapak tersebut langsung dibawa keluarganya ke Tangerang, katanya mau dirawat di sana saja,” ungkap Muslih.