Imam Nahrawi Dapat Gelar Honoris Causa di Bidang Kepemimpinan Berbasis Agama

:


Oleh Astra Desita, Kamis, 14 September 2017 | 13:21 WIB - Redaktur: Juli - 418


Jakarta, InfoPublik - Gelar baru sebagai Doktor Honoris Causa dalam Bidang Kepemimpinan Pemuda Berbasis Agama akhirnya disandang oleh Menpora Imam Nahrawi setelah dikukuhkan pada Rapat Terbuka Senat UIN Sunan Ampel Surabaya (UINSA) di Sport Center, UINSA, Surabaya, Kamis (14/9). Acara pengukuhan disaksikan oleh Rektor UINSA Abd A`la beserta para promotor dan guru besar UINSA.

Menpora mengatakan, mengawali forum yang mulia ini, izinkan saya mengucapkan rasa syukur kepada Allah SWT. Atas segala nikmat dan kekuatan-Nya, sehingga saya mendapatkan kehormatan memperoleh gelar Doktor Honoris Causa (DR. HC) dalam bidang "Kepemimpinan Pemuda Berbasis Agama" dari kampus tercinta Universitas Islam Negeri Sunan Ampel (UINSA) Surabaya. Bagi saya, kampus ini sangat penting dalam proses penempaan diri saya menuju pencapaian karir dan hidup saya hingga titik ini.

"Tak lupa sholawat dan salam teteap tercurahkan kepada sang penuntun hidup, Nabi Muhammad SAW yang kelak kita harapkan syafatnya di yaumil qiyamah. Dari Nabi Muhammad SAW kita banyak belajar tentang hidup dan kehidupan, khususnya, bagi kalangan muda. Masa muda beliau dihabiskan dengan tirakat untuk memperkuat spiritualitas diri sehingga kelak menjadi manusia yang sempurna," katanya seperti yang disampaikan dalam keterangan Kemenpora.

"Anugerah gelar akademik Doktor Honoris Causa ini sungguh diluar ekspetasi saya. Dulu, saya hanya bercita-cita mennjadi seorang guru. Itulah sebabnya saya memilih masuk Fakultas Tarbiyah Jurusan Pendidikan Bahasa Arab di kampus ini. Namun, perjalanan hidup saya justru mengantarkan saya menjadi seorang politisi. Saya tidak menyesal, justru saya bersyukur, karena jalan saya ini telah membuat saya memiliki kesempatan yang lebih luas untuk berguru sekaligus menjadi guru bagi kehidupan yang lebih riil dan lebih kompleks," tambahnya

Sebagai Menteri Pemuda dan Olahraga Republik Indonesia, kampus saya sekarang terbentang dari Sabang sampai Merauke, dari Miangas sampai Pulau Rote.

"Dari lubuk hati yang paling dalam, izinkan saya menghaturkan terima kasih secara khusus kepada Rektor UINSA, Dekan dan Wakil Dekan Fakultas UINSA, serta para dosen di semua fakultas UINSA. Semuanya yang telah bekerja keras untuk menjadikan kampus UINSA ini menjadi peradaban dunia sesuai taglinenya, Building Character Qualities: for the smart, Pious, Honourable Nation," ujarnya.

Imam Nahrawi juga mengucapkan terima kasih kepada Presiden Joko Widodo, Wakil Presiden Jusuf Kalla yang memberikan kesempatan kepadanya sehingga dapat mengabdi kepada bangsa dalam memimpin Kemenpora. "Dari amanah ini, saya banyak bertemu dengan pemuda dan pemudi hebat nusantara yang memiliki kapasitas dan inovasi sehingga akan menjadi pelopor bagi bangsa kita ke depan. Potensi mereka harus dirawat sampai kapan pun," ucapnya.