Jakarta, InfoPublik - Menteri Pertahanan Rl Ryamizard Ryacudu dan Menteri Pertahanan Selandia Baru Mark Mitchell tandatangani delapan kesepakatan dalam dokumen pernyataan bersama mengenai hubungan kerjasama pertahanan kedua negara.

Kedatangan Menhan Selandia Baru di Kantor Kemhan, Jakarta, Rabu (31/5), disambut dalam acara jajar kehormatan. Usai jajar kehormatan, kedua Menhan melakukan pertemuan kali pertama ini sebagai bagian dari upaya memperkuat hubungan bilateral kedua negara, terutama bidang pertahanan.

Mereka sepakat memperkuat hubungan bilateral pertahanan negara berisi, pertama, kunjungan bilateral dan pertukaran militer, saling kunjung kapal perang, dan latihan bersama antara TNl dengan angkatan bersenjata Selandia Baru.

Kedua, pertukaran informasi intelljen dalam bidang pertahanan termasuk di dalamnya pertukaran informasi, pelatihan dan kunjungan studi pertahanan kedua negara. Ketiga, kerjasama pertahanan di bidang pendidikan dan pelatihan bagi personel pertahanan kedua negara. Keempat, pertemuan kedua negara yang memblcarakan mengenai pertahanan yang dilaksanakan secara rutin.

Kelima, pertukaran pengalaman dalam hal operasi pasukan perdamaian PBB. Keenam, kerjasama pertahanan dukungan logistik dalam mendukung kegiatan bilateral yang disepakati bersama.Ketujuh, aktivitas bersama dalam upaya meningkatkan dan memperluas interaksi antar budaya militer kedua negara.

Dan kedelapan, penyediaan bantuan darurat/operasi militer selain perang dan kerjasama pertahanan di bidang-bidang Iainnya yang disetujui oleh kedua negara.

Selain itu, kedua Menhan mendorong penuh kunjungan Kapal HMNZS Te Kaha ke Jakarta, dan kunjungan KRl Banda Aceh untuk menghadiri Perayaan Ulang Tahun Angkatan Laut Selandia Baru ke-75 dan the ASEAN Defence Ministers’ Meeting-Plus Maritime and Counter Terrorism Exercise Mahi Tangaroa.

Kunjungan ini memperkuat hubungan pertahanan bilateral yang positif, yang juga mencakup pelatihan dan pendidikan antara Indonesia dan Angkatan Bersenjata Selandia Baru dan pembicaraan mengenai pertahanan yang regular antara Kementerian Pertahanan kedua negara.

Mereka menegaskan Indonesia dan Selandia Baru memiliki kepentlngan bersama dalam keamanan dan kemakmuran kawasan Asia Pasmk. Kedua Menhan menekankan pentingnya arsitektur kerangka keamanan regional, seperti ASEAN Defense Ministers 'Meetlng-Plus, untuk membangun kerjasama kepercayaan dan keamanan regional.