Dinsos DKI Resmikan Pusat Informasi Siaga Bencana

:


Oleh G. Suranto, Senin, 29 Mei 2017 | 20:32 WIB - Redaktur: Juli - 401


Jakarta, InfoPublik – Dinas Sosial DKI Jakarta meresmikan Pusat Informasi Siaga Bencana (SIGAB) Berbasis Anak dan Orang Muda di Sasana Krida Karang Taruna, Kelurahan Duri Utara, Tambora, Jakarta Barat.

Kepala Dinas Sosial DKI Jakarta Masrokhan mengatakan, DKI Jakarta khususnya Kecamatan Tambora dengan kepadatan penduduk yang tinggi memiliki tingkat ancaman dan risiko yang tinggi pula terhadap bencana, seperti banjir dan kebakaran,

“Berbagai upaya tentu sudah dan sedang dilakukan oleh berbagai pihak untuk mengurangi risiko terjadinya bencana. Salah satunya seperti yang sekarang kami resmikan, kerja sama antara pemerintah dan Plan Internasional Indonesia,” kata Masrokhan di Jakarta, Senin (29/5).

Menurutnya, manfaat peresmian revitalisasi Sarana Krida Karang Taruna (SKKT) ini adalah untuk memacu partisipasi masyarakat khususnya pemuda - pemudi Karang Taruna Kelurahan Duri Utara untuk aktif berperan serta dalam menjaga lingkungan dari risiko terjadinya bencana.

Disebutkan, penanganan bencana berbasis masyarakat lebih efektif dalam upaya pencegahan, contohnya seperti kampanye pengelolaan sampah agar tidak banjir dan sebagainya. Revitalisasi SKKT Duri Utara ini juga menjadi momentum bagi Karang Taruna Provinsi DKI Jakarta untuk lebih giat membuktikan peran aktif dan pengabdian kepada masyarakat.

Hal itu, kata dia, menjadi mesin penggerak kebangkitan pemuda-pemudi karang taruna. SKKT nantinya bisa meningkatkan taraf ekonomi karang taruna melalui usaha ekonomi produktif dan kelompok usaha bersama yang jujur dan transparan.

“Kami harapkan SKKT ini sebagai rumah perubahan pola hidup masyarakat lebi sadar bencana, perubahan pola hidup masyarakat akan arti pentingnya kebersihan dan kesehatan lingkungan,” ujarnya.

Ia menambahkan, karang taruna sebagai organisasi sosial kemasyarakatan diharapkan menjadi wadah dan sarana pengembangan setiap anggotanya untuk lebih banyak berbuat ikhlas untuk peningkatan kesejahteraan sosial sekitar.

“Saya mengucapkan terima kasih yang sebesar-besarnya kepada semua pihak yang telah dengan ikhlas memberikan dukungannya, sehingga gedung SKKT kelurahan Duri Utara ini bisa direvitalisasi seperti sekarang,” ungkapnya.