Perwira Hukum TNI AL Diberi Kursus Pengacara

:


Oleh Yudi Rahmat, Selasa, 21 Maret 2017 | 09:48 WIB - Redaktur: Gusti Andry - 1K


Jakarta, InfoPublik - TNI Angkatan Laut menyelenggarakan Kursus Pengacara untuk para Perwira Hukum di jajaran TNI Angkatan Laut. Kursus pengacara tersebut untuk menghadapi kecederungan masalah hukum yang semakin meningkat.

Menurut Kepala Dinas Pendidikan TNI Angkatan Laut  (Kadisdikal) Laksamana Pertama TNI  Sulistiyanto, kursus ini untuk mengantisipasi era globalisasi yang kecenderungan terkait masalah-masalah hukum akan semakin meningkat seiring dengan meningkatnya kehidupan manusia.

"Untuk menghadapi kecenderungan tersebut harus mempersiapkan diri, salah satunya dengan meningkatkan kualitas sumber daya manusia melalui pendidikan, guna mendukung terciptanya personel TNI AL yang profesional, efektif, efisien, dan modern."kata saat membuka kursus pengacara di Kawasan Mega Kuningan,  Jakarta, Senin (20/3).

Menurutnya, pada era reformasi terjadi perubahan besar-besaran di semua bidang dan sektor kehidupan yang membawa kita ke situasi sulit, karena timbul perbedaan visi yang tajam baik dalam bidang kehidupan sosial, politik, dan kenegaraan.“Untuk menyikapi keadaan yang demikian, kita harus mawas diri sekaligus menyiapkan diri dari segala kemungkinan yang akan terjadi dan kita harus tetap berpegang pada norma-norma hukum yang harus ditegakkan sejalan dengan asas negara hukum. Hal ini tidak lain untuk mewujudkan supremasi hukum seperti yang kita cita-citakan”tandas Kadisdikal.

Kursus singkat pengacara perwira hukum TNI AL merupakan salah satu program TNI AL dalam rangka meningkatkan profesionalisme personel TNI AL dalam bidang hukum agar lebih terampil dan mahir dalam melaksanakan tugas. Kursus yang diikuti 15 orang perwakilan dari Mabesal, Koarmabar,  Kolinlamil, Kormar serta Lantamal ini  dilaksanakan selama lima hari dan rencana akan ditutup pada tanggal 24 Maret 2017.