Polri- BPN Kerjasama Tangani Masalah Pertanahan

:


Oleh Jhon Rico, Jumat, 17 Maret 2017 | 19:10 WIB - Redaktur: Gusti Andry - 1K


Jakarta, InfoPublik- Kapolri Jendral Tito karnavian dan Menteri Agraria dan Tata Ruang/Badan Pertanahan Nasional (ATR/BPN) Sofyan Djalil teken nota kesepahaman kerjasama terkait masalah pertanahan.

Menurut Tito, ada beberpa hal yang disepakati dalam pertemuan ini diantaranya adalah terkait mafia tanah dan soal sertifikasi tanah. "Ada beberapa poin yang kami sepakati, menangani mafia pertanahan, kemudian saber pungli, kemudian masalah tata tuang dan pertanahan, dan sertifikasi aset Polri," kata Kapolri di Mabes Polri Jakarta, Jumat (17/3).

Dia menjelaskan, saat ini masih banyak orang yang mempersulit perihal sertifikasi tanah. Untuk itu, dia berharap dengan dijalinnya kerjasama ini bisa menjadi langkah perbaikan pelayanan publik dalam hal sertifikasi tanah.

Menurut dia, saat ini banyak mafia tanah yang sudah mengerti dengan jalur soal pertanahan. Mereka juga sudah bermain hingga ke ranah penegakan hukum. "Mereka sampai ke jajaran penegakan hukum, itu mereka sudah mengerti jalur-jalurnya," kata dia.

Tito menegaskan, untuk praktik yang melanggar hukum soal pertanahan, pihaknya akan mengambil tindakan tegas.