Brigjen (Mar) TNI Suhartono Resmi Jabat Danpaspampres

:


Oleh Yudi Rahmat, Selasa, 14 Maret 2017 | 14:35 WIB - Redaktur: Juli - 1K


Jakarta, InfoPublik - Brigjen (Mar) TNI Suhartono resmi menjabat Komandan Pasukan Pengamanan Presiden (Danpaspampres) menggantikan Mayjen (Mar) TNI Bambang Suswantono.

Sertijab Danpaspampres dengan upacara secara militer tersebut dipimpin Panglima TNI Jenderal TNI Gatot Nurmantyo, di Markas Paspampres, Jalan Tanah Abang II Jakarta Pusat, Selasa (14/3).

Pergantian Danpaspampres berdasarkan surat Kep/141/II/2017 yang dikeluarkan 23 Februari 2017. Brigjen Suhartono, yang sebelumnya menjabat Komandan Pangkalan Utama TNI Angkatan Laut IX/Mer Komando Armada Indonesia Kawasan Timur (Danlantamal XI/Mer Koarmatim), sedangkan Mayjen Bambang akan menjabat Komandan Korps Marinir (Dankormar).

Panglima TNI Gatot mengatakan Serah terima jabatan Danpaspampres ini  dalam rangka meningkatkan kapasitas sesuai peran dan tugas pokok Paspampres yang semakin kompleks dan dinamis.

Menurutnya, jika Paspampres memiliki tugas mulia karena melakukan pengamanan fisik langsung jarak dekat terhadap Presiden, Wakil Presiden, mantan Presiden beserta keluarganya."Tugas mulia ini untuk menjaga simbol dan kehormatan negara," kata Gatot dalam arahannya.

Karena itu, ia berharap tidak ada kesalahan sekecil apapun dalam pelaksanaan tugas pengamanan simbol negara terutama Presiden dan wakil Presiden.

Paspampres bukan hal baru bagi Suhartono. Tercatat, ia sempat menjabat sebagai Dandenwalpri Grup A Paspampres. Selain itu, pengalamannya dalam operasi tempur juga tidak main-main. Pada 2014, saat masih berpangkat Kolonel Maritim, ia memimpin pasukan penyerbuan perompak Somalia yang menguasai kapal MV Sinar Kudus dalam Satgas Merah Putih. Keberhasilannya kala itu mendapat penghargaan kenaikan pangkat satu tingkat, dari Letkol ke Kolonel.

Selain itu, ia juga mendapat beberapa pendidikan di luar negeri. Antara lain Counter Terorism Intelegence Analysis (BIA-CIA) 1997, Commando Mariners-Cofusco (Perancis) 1997, US Navy Seal-Guam (AS) 1997, Terrorism Device Threat and Response (BIA-CIA) 1998, Post Incident Intelegence Collection (BIA-CIA) 1999, Counter Terror-Batalyon Kontra Terror 707 (Korea Selatan).

Karier militer Suhartono terbilang cemerlang. Selain sempat menjadi Dandenwalpri Grup A Paspampres, ia juga pernah menjabat sebagai Komandan Satuan Intai Amphibi, Wakil Komandan Denjaka, Danlanal Biak Lantamal XI, Komandan Denjaka, Kas Brigif 2 Pasmar 2, Komandan Brigif 2 Mar.

Selain itu ia juga pernah menjadi Staf Ahli Koarmabar, Asrena Kormar, Komandan Resimen AAL, dan terakhir Danlantamal XI/Mer Koarmatim. Pria kelahiran Batang, 15 April 1966 itu juga memiliki tanda kehormatan SatyaLencana Kesetiaan VIII Tahun, dan Satya Lencana Dharma Nusa.