Warga Babakan, Ciseeng Antusias Datangi TPS Pilkades

:


Oleh G. Suranto, Senin, 13 Maret 2017 | 10:04 WIB - Redaktur: Gusti Andry - 1K


Jakarta, InfoPublik – Warga Desa Babakan, Kecamatan Ciseeng, Bogor menggelar pemilihan kepala desa (Pilkades) secara elektronik atau e-Voting, Minggu (12/3), walaupun baru pertama kalinya menggunakan sistem e-Voting, warga antusias datangi TPS Pilkades tersebut.

Pemilih yang hadir ke TPS Pilkades Babakan, Ciseeng, Bogor ini diperkirakan 10 ribuan orang. Mereka memenuhi lapangan tempat dilaksanakan Pilkada. Dari pagi hingga siang hari pemilih antri bergantian untuk memberikan hak pilihnya.

Sukmaja salah seorang warga Desa Babakan, mengatakan, sistem e-Voting ini lebih praktis, karena tidak ada kemungkinan salah mencoblos, karena pemberian suara mudah dilakukan dengan cara menyentuh tanda gambar calon kades di panel yang menggambarkan surat suara.

“Jadi tidak menggunakan surat suara dari kertas,” kata Sukmaja di Babakan, Ciseeng, Bogor, Minggu (12/3).

Begitu pula, Esti Diani, seorang warga Babakan menambahkan, sistem e-Voting ini lebih cepat dan lebih simpel, tinggal disentuh foto calon kades, kemudian setelah disentuh fotonya, kemudian ada pilihan kata ya atau tidak. “Kalau merasa benar pilihannya tinggal sentuh ya,” ucapnya.

Sementara itu, Kepala Program e-Pemilu BPPT, Andrari Grahitandaru menjelaskan, Desa Babakan menjadi role model (percontohan) pemilihan kepala desa dengan sistem e-Voting di Kabupaten Bogor. “Ini yang pertama di Kabupaten Bogor,” katanya.

Namun demikian, kata dia, BPPT sudah menerapkan sistem e-Voting seperti ini sebanyak 526 kali di 9 kabupaten di Indonesia. Menurutnya, dengan menerapkan sistem e-Voting ini, hasilnya akan lebih cepat dan akurat.