Komandan Kapal Perang India Kunjungi Lantamal V

:


Oleh MC Provinsi Jawa Timur, Selasa, 11 Oktober 2016 | 17:19 WIB - Redaktur: Tobari - 494


Surabaya, InfoPublik - Komandan Kapal Perang Angkatan Laut India INS Sumitra P-59 Commander KP Sreesan melaksanakan Coutesy Call atau kunjungan resmi ke Markas Komando Pangakalan Utama TNI AL (Lantamal) V, di Surabaya, Selasa (11/10).

Kunjungan tersebut diterima Asisten Operasi Danlantamal V Kolonel Laut (P) Daniel Mudji Rahadi mewakili Komandan Lantamal V Surabaya Brigadir Jenderal TNI Mar Rudy Andi Hamzah.

Turut mendampingi Asops, Pabanren Sintel, Kadis Potensi Maritim dan Kadis Administrasi Personel Lantamal. Sementara maksud dari kunjungan tersebut adalah untuk mempererat hubungan kerjasama yang sudah lama terjalin antara kedua angkatan laut ini.

Pada kesempatan tersebut, Asops Danlantamal V mengatakan TNI Angkatan Laut dan Angkatan Laut India memiliki sejarah hubungan dan kerjasama yang baik, khususnya latihan bersama, pelatihan dan pendidikan.

“Dalam menghadapi perkembangan dunia yang kompleks dan dinamis saat ini, kerja sama bilateral dan multilateral merupakan satu persyaratan untuk memastikan stabilitas keamanan nasional dan regional kawasan,” katanya.

Selesai melaksanakan kunjungan kehormatan, Commander KP Sreesan menyerahkan cinderamata kepada Asisten Operasi dan sebaliknya. Hal ini untuk mempererat hubungan baik yang selama ini telah terjalin.

Untuk INS Sumitra P-59 merupakan kapal perang jenis Leight Frigatte  buatan galangan Goa Shippyard Limited. Diluncurkan pada 4 September 2014, kapal ini memiliki panjang 105 m, dan lebar 13 m dengan kecepatan 25 knot (46 km/h;29 mph) dan kecepatan jelajah 16 knot.

Rencananya kapal ini akan sandar di pelabuhan Tanjung Perak Surabaya hingga Rabu (12/10) . (MC Diskominfo Prov Jatim/non-hjr/toeb)