Ibu Negara Iriana Jokowi Akan Luncurkan Laman Anggun PAUD

:


Oleh Astra Desita, Rabu, 28 September 2016 | 01:17 WIB - Redaktur: R. Mustakim - 963


Jakarta, InfoPublik - Ibu Negara Iriana Jokowi selaku Bunda PAUD Indonesia direncanakan akan meluncurkan laman ruang guru dalam jaringan PAUD disingkat Anggun PAUD, pada Kamis (29/9) di Taman Mini Indonesia Indah Jakarta Timur.

"Laman Anggun PAUD untuk menciptakan ruang bagi peningkatan profesional guru PAUD," tutur Direktur Pembinaan PAUD, Ella Yulaelawati, pada  jumpa pers Anugerah PAUD Tingkat Nasional 2016 di Gedung Kemendikbud Jakarta, Selasa (27/9).

Laman Anggun PAUD ini dapat diakses pada alamat www.anggunpaud.kemdikbud.go.id. Laman ini kata Ella memuat bahan belajar sambil bermain, lagu anak, cerita rakyat, video instruksional, video cerita, buku elektronik, permainan yang mendidik serta kurikulum dan standar PAUD.

Bahan-bahan ini kata dia dapat diunduh dan diunggah oleh guru dan masyarakat yang berminat berbagi praktik terbaiknya. Bahan-bahan ini juga tersedia secara multimedia tanpa koneksi internet atau offline.

Ella mengatakan, pemberian Anugerah PAUD Tingkat Nasional tahun 2016 ini bertujuan untuk memberikan penghargaan dan apresiasi kepada guru, ketua gugus, dan bunda PAUD, serta sosok masyarakat peduli PAUD, anak usia dini dan masyarakat umum pemenang lomba.

Diharapkan melalui kegiatan ini pendidikan dan pengasuhan anak usia dini yang berkualitas dapat terwujud untuk memberikan awal terbaik bagi kehidupan masa depan anak.

Penyelenggaraan pemberian Anugerah PAUD Tingkat Nasional 2016 akan diikuti 1.500 orang peserta. Penghargaan akan diberikan kepada 15 bunda PAUD provinsi, 31 bunda PAUD kabupaten/kota, 10 bunda PAUD kecamatan dan 10 bunda PAUD desa atas karya nyata dan kepeduliannya dalam mewujudkan PAUD berkualitas.

Penghargaan yang sama juga akan diberikan kepada lima organisasi mitra dan tujuh sosok peduli PAUD yang secara nyata berperan untuk meningkatkan akses dan kualitas PAUD, serta mengilhami keberadaan PAUD di kepulauan, pesisir, daerah terpencil dan daerah semi kota yang padat penduduk.

Selanjutnya kata Ella ada penghargaan untuk  27 guru PAUD yang berprestasi, 13 pemenang lomba cerita rakyat, 15 pemenang lomba lagu anak, 18 pemenang cerita anak elektronik dan 15 pemenang permainan mendidik (edu game) dan tujuh anak usia dini berprestasi antara lain penghapal Al-Qur'an, seni tari, lukis dan olah raga.

"Pada kegiatan di TMII ini akan kita saksikan unjuk kreativitas anak usia dini dalam keceriaan yang menunjukkan tubuh yang sehat dan jiwa yang gemar belajar menyongsong masa depan," pungkas Ella.