Harga Sayuran di Pasar Kebayoran Lama Fluktuatif

:


Oleh G. Suranto, Minggu, 26 Juni 2016 | 23:54 WIB - Redaktur: R. Mustakim - 2K


Jakarta, InfoPublik - Harga sayuran di pasar tradisional Kebayoran Lama, Jakarta Selatan menjelang Lebaran 2016 sebagian ada yang merangkak naik, namun ada juga  yang mengalami penurunan.

Seperti harga cabai, kemarin harganya Rp20 ribu per kilogram, sekarang mencapai Rp32 ribu per kilogram. Kentang, kemarin Rp 10 ribu per kilogram, sekarang mencapai Rp 18 ribu per kilogram.

“Cabai itu, kemarin hanya Rp 20 ribu per kilogram, sekarang sudah mencapai Rp 32 ribu per kilogram,” kata Surati seorang pedagang sayuran saat ditemui di Pasar Kebayoran Lama, Jakarta Selatan, Minggu (26/6).

Kemudian, boncis,  juga mengalami kenaikan, sebelumnya hanya Rp8 ribu per kilogram, sekarang naik menjadi Rp 16 ribu per kilogram. Lain halnya, harga bawang putih tetap stabil Rp 45 per kilogram.

Sedangkan harga sayuran yang mengalami penurunan yaitu bawang merah, sebelumnya per kilogramnya mencapai Rp 48 ribu, sekarang turun menjadi Rp 36 ribu. Begitu juga tomat, sebelumnya per kilogram mencapai Rp 20 ribu turun menjadi Rp 10 ribu. “Saya harap harga-harga ini bisa stabil,” kata Surati.

Sementara itu, harga daging beku yang dijual operasi pasar dari pihak Pasar Jaya per kilogramnya Rp 85 ribu, dan minyak goreng dua liter  Rp 20 ribu. “Harga daging ini Rp 85 ribu per kilogramnya, sedangkan minyak goreng dua liter dijual Rp 20 ribu,” kata Sahfrudin, seorang petugas dari Pasar Jaya.

Menurutnya, operasi pasar penjualan daging beku baru di mulai hari ini di Pasar Kebayoran Lama, dan operasi pasar ini akan berlangsung sampai nanti menjelang Lebaran.

Adapun harga daging segar di pasar Kebayoran lama tetap stabil yaitu per kilogramnya Rp 120 ribu. “Ini tidak ada kenaikan, dari kemarin harga daging sapi ini Rp 120 ribu,” kata Ribanto seorang pedagang daging di kebayoran lama.

Saat ditanya apa tidak khawatir dagangannya tidak laku, karena ada daging beku yang harganya jauh lebih murah hanya Rp 85 ribu. Kata dia, konsumen juga masih banyak yang memilih daging segar, terbukti dagangannya laku terjual.