Kemenpar Dukung Festival TIFF ke-6

:


Oleh Eko Budiono, Senin, 30 Mei 2016 | 00:23 WIB - Redaktur: R. Mustakim - 433


Jakarta, InfoPublik - Kementerian Pariwisata menyatakan Tomohon International Flower Festival (TIFF) ke-6 mulai 8-12 Agustus 2016 mempunyai potensi dalam mendatangkan wisatawan asing dan nusantara.

Total jumlah wisatawan yang datang festival tersebut diharapkan mencapai 250 ribu orang.

“Kami terus mendukung setiap daerah termasuk Kota Tomohon  dalam mempromosikan pariwisatanya. Terlebih lagi TIFF  tersebut termasuk dalam ecotourism atau wisata yang berbasis lingkungan,” kata Deputi Pengembangan dan Pemasaran Pariwisata Nusantara Kemenpar RI Esthy Reko Astuti di  gedung Sapta Pesona, Minggu (29/5).

Menurutnya, pihak pemerintah Kota Tomohon juga perlu memaksimalkan media digital dalam promosi TIFF. “Jangan sampai nanti TIFF tersebut meninggalkan limbah, sehingga perlu kerja sama dan koordinasi dengan berbagai pihak termasuk juga aparat keamanan,” ungkapnya.

Sementara Walikota Tomohon Jimmy Feidie Eman mengatakan TIFF telah menjadi agenda tahunan. Menurutnya, pelaksanaan TIFF mengadopsi festival bunga di Amerika Serikat.

“Kami telah menyiapkan sejumlah kegiatan dalam TIFF seperti festival bunga, lomba lari, pameran pariwisata dan festival kuliner,” katanya.

Ia menyatakan pihaknya menargetkan 30 peserta dapat menghadiri TIFF tersebut. Sedangkan untuk negara asing diharapkan sekitar 7 sampai 8 negara antara lain Selandia Baru, Filipina, Rusia, Tiongkok, dan Amerika Serikat.

“Pelaksanaan TIFF ini juga untuk mendukung kampanye Pesona Indonesia yang sedang dilakukan pemerintah,” tegasnya.

Selain itu, pihaknya juga berharap bisa melakukan kerja sama dengan pihak swasta agar TIFF tersebut berjalan sukses.