Menaker: Harkitnas Momentum Ngepoin Bangsa Indonesia

:


Oleh H. A. Azwar, Jumat, 20 Mei 2016 | 14:08 WIB - Redaktur: Gusti Andry - 663


Jakarta, InfoPublik - Menteri Ketenagakerjaan (Menaker) Muhammad Hanif Dakhiri menilai momen kekinian Hari Kebangkitan Nasional (Harkitnas) yang diperingati setiap tanggal 20 Mei merupakan momentum Ngepoin bangsa Indonesia dalam tiga unsur.

Pertama, ngepoin masa lalu sejarah, bagaimana bangsa ini bisa berdiri dan diperjuangkan oleh para pendahulu anak bangsa. Kedua, “ngepoin” masa depan bangsa, untuk menjadikan negara Indonesia sebagai bangsa yang kuat, adil dan makmur. Serta ketiga, ngepoin masa sekarang terkait peran dan kontribusi yang harus dimainkan secara pribadi sebagai warga Negara Indonesia (WNI).

Oleh karenanya kebangkitan nasional itu momentum untuk ngepoin bangsa kita sendiri, untuk ngepoin bangsa Indonesia, kata Hanif saat diminta pendapatnya terkait peringatan Harkitnas di Jakarta, Jumat (20/5).

Menyinggung peran pemuda dalam memaknai kebangkitan nasional, Menaker berharap pemuda harus memiliki  daya saing. Jadi, kalau memaknai kebangkitan nasional bagi kalangan muda adalah bagaimana generasi muda bisa meningkatkan daya saing karena eranya saat ini adalah era persaingan.

“Kita tidak boleh hanya menjadi penonton. Kita tidak boleh hanya menjadi konsumen. Tapi Indonesia, generasi muda khususnya, harus menjadi pemain dan menjadi pemenang,” ujarnya.

Dengan kata lain, lanjut dia, kuncinya hanya tiga hal yang harus dimiliki pemuda dalam menghadapi era persaingan saat ini yakni karakter yang kuat,  kompetensi atau skill, yang bisa diandalkan  dan kreatifitas atau inovasi yang tak habis-habisnya.

Adanya tiga modal itu, dia meyakini daya saing generasi muda Indonesia akan semakin kuat. “Saya percaya Indonesia ke depan akan bangkit dan menjadi bangsa yang besar dan disegani bangsa-bangsa di dunia,” tukas Menaker.