Menkes: Tata Ruang Kota Harus Mendukung Hidup Sehat Masyarakat

:


Oleh Juliyah, Jumat, 8 April 2016 | 11:38 WIB - Redaktur: Gusti Andry - 178


Jakarta, InfoPublik - Menteri Kesehatan Nila F Moeloek menekankan pentingnya pemerintah daerah melakukan perencanaan tata ruang kota yang dapat membantu orang untuk hidup lebih sehat, sehingga mampu menekan risiko penyakit, terutama Diabetes  yang disebut sebagai ibu dari berbagai penyakit.

"Diabetes salah satu faktornya disebabkan berat badan berlebih dan obesitas karena kurangnya aktivitas fisik. Sehingga seharusnya tata ruang kota dapat mendukung warganya untuk menjalankan perilaku hidup sehat." kata Menkes di sela-sela peringatan Hari Kesehatan Sedunia di Jakarta, Kamis (7/4).

Seharusnya, menurut Menkes, ada Taman kota sebagai paru-parunya kota, disana masyarakat dapat memanfaatkannya untuk berjalan kaki atau berolahraga, ada pepohonan atau tanaman sehingga teduh.

"Mereka tidak akan segan bergerak dan mau berjalan kaki kalau tepatnya teduh karena ada tanaman dan pepohonan apalagi  saat terik seperti ini, jadi sebenarnya kita bisa mengusahakannya untuk menjaga kesehatan," kata Menkes.

Ia mengungkapkan, tata ruang kota saat ini tidak Ramah terhadap pejalan kaki, misalnya jalan yang sudah sangat sempit dan trotoar yang sering dipakai pengendara motor. "Jalan seharusnya tidak sempit sehingga orang bisa berjalan kaki tanpa takut  motor yang naik ke trotoar," ungkapnya.

Kemkes menyebutkan, 90 persen penderita diabetes di seluruh dunia merupakan diabetes tipe 2 yang disebabkan oleh gaya hidup kurang sehat, dan sebenarnya 80 persennya dapat dicegah.

"Diabetes adalah tanggung jawab seluruh masyarakat bukan tanggung jawab jajaran kesehatan saja, oleh karena itu perlu diciptakan lingkungan yang mendukung agar masyarakat hidup sehat," katanya.