Kominfo Gelar Seminar Pola Komunikasi Masyarakat Kota dan Desa

:


Oleh Yudi Rahmat, Selasa, 23 Februari 2016 | 19:45 WIB - Redaktur: R. Mustakim - 464


Jakarta, InfoPublik - Kepala Badan Penelitian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (Badlitbang SDM) Kemkominfo  Basuki Yusuf Iskandar membuka seminar Pola Komunikasi dan Perilaku Sosial Masyarakat Kota dan Desa di Era Teknologi Komunikasi di Jakarta, Selasa (23/2).

Basuki berharap seminar ini menghimpun gagasan dari para narasumber, baik dari pejabat, satuan kerja yang terkait seperti DItjen IKP dan Balitbang SDM sendiri, yang nantinya dapat menunjang para peneliti untuk melaksanakan kegiatan penelitian yang terkait dengan pola komunikasi dan perilaku sosial masyatakat di kota dan desa di era teknologi komunikasi.

Basuki mengatakan kontribusi penelitian ini merupakan studi eksploratif yang memberikan sebuah analisa pola perilaku penggunaan perangkat komunikasi yang termediasi oleh internet di tingkat individu serta sifat karakter pola komunikasi dan perlaku sosial di tingkat masyarakat.

Menurut Basuki, dengan berkembangan teknologi komunikasi maka strategi komunikasi pemerintah harus berubah oleh karena itu dengan penelitian ini, diharapkan dapat memberikan kontribusi yang terkait kebijakan komunikasi publik.

Sementara itu, Kepala Pusat Penelitian dan Pengembangan Aplikasi Informatika dan Informasi dan Komunikasi Publik Wiryanta mengatakan tujuan seminar ini memberi kesempatan bagi para peneliti untuk melaksanakan kegiatan penelitian dengan penunjang masuk-masukan dari forum seminar tentunya yang berkaitan dengan pendahuluan, metologi dan instrumen penetian yang relevan.

Dijelaskan, adapun penelitian ini untuk mengindentifikasi pola komunikasi yang terjadi akibat penggunaan perangkat komunikasi yang dimediasi oleh internet baik bagi pengguna di kota maupun didesa.