Basuki: Balap Liar Mesti Diatur Untuk Kurangi Kecelakaan

:


Oleh G. Suranto, Rabu, 13 Januari 2016 | 13:42 WIB - Redaktur: Gusti Andry - 438


Jakarta, InfoPublik - Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama mengatakan dilegalkannya balapan motor di Jakarta justru akan membuat ajang balapan menjadi lebih aman.

Menurutnya. dengan dilegalkan balapan motor, aspek keamanan akan diperhatikan. Namun yang penting adalah supaya disiapkan jalannya atau jalannya ditutup khusus untuk balapan, steril dari kendaraan lain. “Jadi justru kalau balap liar diresmikan, itu akan menjadi lebih baik,” kata Basuki di Balai Kota DKI Jakarta, Rabu (13/1).

Ia mencontohkan kegiatan balap motor terkendali yang diselenggarakan di sirkuit-sirkuit balap itu aman, karena panitia telah memikirkan semua kemungkinan kecelakaan yang dapat terjadi, kemudian membuat upaya pencegahan.

Disebutkan, paling bahaya itu kalau balap liar, kalau sampai jatuh bisa saja nanjap ke  batu atau ke tiang. “Itu paling bahaya. Makanya, balap liar ini mesti diatur,” tandasnya.

Sebelumnya, Direktorat Lalu Lintas Polda Metro Jaya berniat melegalkan balap liar di Jakarta. Polisi melegalkan dengan mewadahi para pemuda yang menggunakan jalan sepi untuk adu kecepatan kendaraan mereka.

Basuki setuju dengan niat polisi memberikan wadah bagi balap jalanan, karena hal tersebut lebih baik dibanding tidak diwadahi dan berujung maut. Dengan mengakomodir balap liar, secara tidak langsung akan mengurangi risiko kecelakaan maut.