Oknum Pembuat Kir Aspal Sudah Diamankan

:


Oleh G. Suranto, Selasa, 5 Januari 2016 | 15:41 WIB - Redaktur: Gusti Andry - 406


Jakarta, InfoPublik - Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama mengatakan oknum petugas pembuat kir asli tapi palsu (aspal) sebagian sudah diamankan dan diberikan sanksi. Akibat ulah oknum tersebut, banyak angkutan umum bobrok tetap beroperasi dan membahayakan penumpang.

“Ada oknum main, ada jual buku aspal. Sudah kami tangkap sebagian, oknum dari Peruri yang jual buku-bukunya,” kata Basuki di Balai Kota DKI Jakarta, Selasa (5/1).

Tidak hanya oknum petugas saja, Dinas Perhubungan dan Transportasi DKI Jakarta juga terus menangkap angkutan umum yang menggunakan kir palsu. Untuk angkutan umum yang menggunakan kir palsu langsung dikandangkan. “Kami sudah berapa kali tangkap nggak ada kir. Kirnya aspal lagi. Kamu lihat saja kondisi di lapangan masuk akal nggak bus bobrok lolos kir itu,” ucapnya.

Untuk itu, dirinya menawarkan agar angkutan umum mau bergabung dengan Transjakarta. Mereka yang bergabung akan dibayar dengan sistem rupiah per kilometer. Namun sebelumnya, mereka diminta untuk meremajakan kendaraannya terlebih dahulu.