Jalur Pantura Lebih Lengang Dibanding Ruas Tol

:


Oleh Tri Antoro, Sabtu, 1 Juli 2017 | 18:53 WIB - Redaktur: Juli - 538


Tegal, InfoPublik - Arus balik pemudik di jalur pantai utara (Pantura) daerah Kabupaten Brebes, Jawa Tengah hingga Kabupaten Cirebon, Jawa Barat terpantau lengang pada pukul 15.00 WIB, Sabtu (1/7).

Berdasarkan pengamatan InfoPublik, pengendara yang mayoritas melintasi jalur pantura adalah kendaraan roda dua atau sepeda motor. Jarang kendaraan roda empat yang melintasi pantura.

Kemungkinan pemudik yang menggunakan kendaraan roda empat lebih memilih ruas jalan tol daripada jalur pantura. Akibatnya, ruas jalan tol menuju Jakarta yang cenderung padat, bahkan sempat mengular antre disetiap rest area. 

Seperti dicontohkan pada rest area KM 102 Tol Cikampek-Palimanan (Cipali) menuju Jakarta menyebabkan kemacetan hingga mencapai 20 kilometer pada Sabtu (1/7).

Sementara itu pada pukul 12.00 WIB, area parkir yang disediakan tidak sanggup menampung membludaknya pengemudi yang mengunjungi rest area tersebut. Akibatnya, parkiran meluber hingga ke ruas jalan Cipali menuju Jakarta.

Penyempitan jalan itu, membuat alur lalu lintas ruas tol di atas menuju Jakarta menjadi terhambat. Sehingga kemacetan pun terjadi dari mulai KM 122 hingga KM 102. Disepanjang kemacetan terlihat pengemudi memarkir kendaraan di bahu jalan dan memilih beristirahat di sana.