Menristekdikti Harap Peneliti Giat Hasilkan Produk Bermanfaat

:


Oleh G. Suranto, Kamis, 14 April 2016 | 06:29 WIB - Redaktur: R. Mustakim - 405


Jakarta, InfoPublik - Menteri Riset Teknologi dan Perguruan Tinggi, Mohammad Nasir berharap para peneliti lebih giat lagi menghasilkan produk yang bermanfaat bagi masyarakat, basisnya biodiversity dan biomedikal Indonesia.

“Saat ini daya peneliti Indonesia dalam memenuhi kebutuhan obat dan alat kesehatan di Indonesia hanya 30 persen. Sementara itu, 70 persennya masih berbasis dari luar negeri,” kata Nasir saat membuka pameran LAB Indonesia 2016 di Jakarta Convention Center, Rabu (13/4).

Menurutnya, salah satu kendala dari problem tersebut, selama ini para peneliti tersendat regulasi yang rumit dari pemerintah. Masalah lainnya, aturan dari pihak industri juga membuat para peneliti kurang bersemangat.

Disebutkan, pemerintah dalam hal ini, kata dia, sudah mulai membuat regulasi yang tidak mempersulit para peneliti. Bagaimana regulasi tersebut menuju kemudahan, mereka bisa akses dengan baik, pemerintah menyediakan aturan yang mudah.

Sebelumnya disebutkan, penyebab minimnya peneliti adalah soal laporan pertanggungjawaban penelitian. Kemenristekdikti mendapatkan keluhan dari peneliti, proses pertanggungjawaban penelitian dinilai sulit dan rumit. Tapi kini Kemenristekdikti telah mengusulkan solusi penyederhanaan pertangggungjawaban anggaran penelitian.

Pameran LAB Indonesia 2016 merupakan pameran satu-satunya di Indonesia yang menghadirkan teknologi dan alat-alat laboratorium  terkini. Pameran tersebut menampilkan berbagai produk, instrumentasi dan teknologi terbaru hampir di semua bidang, baik dalam ilmu analisa maupun pelayanan laboratorium pada umumnya.