Arus Balik Lebaran pada H+5 di Terminal Cibinong Terpantau Sepi

:


Oleh Baheramsyah, Rabu, 20 Juni 2018 | 21:12 WIB - Redaktur: Juli - 1K


Bogor, InfoPublik - Memasuki H+5 liburan lebaran, puncak arus balik diprediksi terjadi Hari ini, Rabu (20/6). Namun, kondisi berbeda terjadi di Terminal Cibinong Kabupaten Bogor, yang terlihat sepi. Pasalnya, jalur Kabupaten Bogor khususnya jalan menuju Terminal Cibinong, hanya menjadi lintasan.

Kepala Terminal Cibinong Irfan Agustinus mengatakan, di Terminal Cibinong tidak ada Angkutan Bus Antar Kota Antar Propinsi (AKAP), artinya hanya melintas. Jika arus balik, hanya menurunkan penumpang di titik-titik jalan yang dikehendaki pemudik, itu pun biasanya pagi hari, artinya tidak terfokus di satu tempat.

“Kondisinya memang seperti itu, karena yang masuk teritorial kan hanya AKDP nya. Jadi kalau arus balik tidak bisa terpantau, seperti yang sudah-sudah setiap tahun seperti itu,” kata irfan di Terminal Cibinong Bogor, Rabu (20/6).

Irfan menjelaskan, kondisi Terminal Cibinong untuk arus balik kini cenderung sepi sama seperti hari biasa. Terlebih, luasan Terminal Cibinong pun minim, tidak seperti terminal lainnya, yang bisa dijadikan lokasi ngetem Bus AKAP.

“Terminal Cibinong hanya angkot dan AKDP, kalau Bus AKAP tidak bisa, hanya melintas,” tuturnya.

Artinya, lanjut Irfan, tidak ada persiapan khusus Terminal Cibinong menyambut arus mudik maupun arus balik, hanya persiapan lingkup internal.

“Arus balik kan turunnya satu-satu, enggak satu tujuan ke Terminal Cibinong, jadi kita enggak bisa mantau,” bebernya.

Namun untuk arus mudik, lebih lanjut dia mengatakan, pihaknya bisa memantau melalui agen-agen yang mengambil penumpang di wilayah Terminal Cibinong. “Arus mudik lumayan banyak,” tegasnya.