Arus Balik di Merak Lancar

:


Oleh lsma, Rabu, 20 Juni 2018 | 07:49 WIB - Redaktur: Juli - 239


Merak, InfoPublik - Kepala Kepolisian Daerah (Kapolda) Banten Brigadir Jenderal Polisi (Brigjen Pol.) Listyo Sigit Prabowo menyatakan arus balik di Pelabuhan Merak selama musim Lebaran tahun ini terpantau lancar dan belum ditemukan kendala apapun.

"Kalau untuk arus balik, di Merak ini kita tidak ada beban kendaraan, beban kendaraan pada arus balik justru terjadi di Bakauheni," kata Sigit di kantor ASDP Cabang Merak, Selasa (19/6).

Menurut Kapolda, pada arus balik ini, petugas yang ada di Merak tinggal menyalurkan kendaraan yang datang untuk kemudian diarahkan, baik ke dalam jalan tol maupun ke jalur arteri.

Terkait dengan perjalanan arus mudik, Kapolda menyatakan perjalanan pemudik lebih singkat dan pelayanan lebih baik dari tahun sebelumnya. Hal tersebut terlihat dari berkurangnya antrean kendaraan yang akan memasuki kapal di Pelabuhan Merak.

Ia mengungkapkan, pada musim Lebaran tahun lalu,  saat puncak mudik H-3, terjadi penumpukan kendaraan roda dua di Pelabuhan Merak. Saat itu, motor bisa menunggu 6-7 jam untuk masuk kapal.

"Tahun ini, antrean motor lebih singkat, sekitar 2 jam. Pada H-2, waktu antrean bahkan lebih singkat, yakni 30-45 menit," tegasnya.

Menurutnya, singkatnya waktu antrean kendaraan roda dua karena adanya antisipasi yang telah dilakukan sebelumnya, yakni roda dua tidak difokuskan hanya di Dermaga 6, tapi juga disebar kelima dermaga lain.

"Tahun kemarin, untuk motor hanya kita pusatkan di Dermaga 6. Tahun ini, kita antisipasi, motor memang kita khususkan masuk lewat Dermaga 6, tapi kalau dermaga lain memang siap dan kosong, motor kita alihkan ke dermaga yang siap," jelasnya.

Demkian halnya dengan kendaraan roda empat, menurut Kaploda Banten, paling lama antrean mobil menunggu ke kapal sekitar 2 jam saat puncak mudik pada H-3.

"Memang sempat ada antrean lebih lama, tapi itu hanya terjadi di Dermaga 4 dengan lama antrean 3 jam. Tapi secara umum, para pemudik juga menyatakan pelayanan yang lebih baik. Yang penting kita bekerja optimal, masyarakat yang lebih tahu," pungkasnya.