Seribu Pemudik Sepeda Motor Gratis Dengan Kapal Laut Kembali Ke Jakarta

:


Oleh Dian Thenniarti, Senin, 18 Juni 2018 | 22:48 WIB - Redaktur: Juli - 368


Jakarta, InfoPublik - Angkutan mudik balik sepeda motor gratis dengan kapal laut pada Senin (18/6) diberangkatkan dari Pelabuhan Tanjung Emas Semarang menuju Pelabuhan Tanjung Priok Jakarta.

Keberangkatan ini merupakan yang pertama kalinya mudik gratis sepeda motor dengan kapal laut untuk arus balik dari Semarang - Jakarta. Meski ini angkutan balik perdana, namun jumlah peminatnya mencapai 1.006 orang pemudik dan 407 unit sepeda motor.

Keberangkatan pemudik menuju Jakarta tersebut menggunakan kapal KM Dobonsolo. Kapal ini merupakan kapal 3 in 1 milik PT Pelayaran Nasional Indonesia (PELNI) dengan GT 14.000 dan mampu mengangkut orang, kontainer, sepeda motor, mobil dan alat berat.

"KM Dobonsolo merupakan salah satu kapal dari total 16 unit kapal yang disiapkan Kementerian Perhubungan untuk mengangkut pemudik sepeda motor arus balik dari Semarang menuju Jakarta," jelas Kepala Kantor Kesyahbandaran dan Otoritas Pelabuhan (KSOP) Kelas I Tanjung Emas Semarang Ahmad Wahid, Senin (18/6).

Adapun jadwal keberangkatan kapal mudik gratis sepeda motor dengan kapal laut untuk arus balik yaitu pada 18, 19, 20, 21 dan 22 Juni 2018.

"Untuk keberangkatan 20 dan 22 Juni 2018 tingkat keterisian kuota pendaftar mudik gratis arus balik sepeda motor dengan kapal laut telah mencapai di atas 95 persen," jelas Wahid.

Direktur Jenderal Perhubungan Laut R. Agus H. Purnomo mengapresiasi pemudik yang telah mendaftar dan memanfaatkan kapal laut sebagai sarana transportasi untuk kembali ke Jakarta.

Untuk keselamatan dalam perjalanan arus balik Lebaran 2018, Dirjen Agus mengimbau para pengendara motor untuk memanfaatkan angkutan gratis kapal laut dari PelabuhanTanjung Emas, Semarang, ke Pelabuhan Tanjung Priok, Jakarta.

"Biasanya, saat arus balik semangat dan kegembiraan yang dirasakan pengendara motor saat mudik ke kampung halaman sudah berkurang, demikian juga energi dan perbekalan. Tentu ini juga berpengaruh pada tingkat konsentrasi dan faktor kelelahan sehingga beresiko saat mengendarai sepeda motor di jalan," kata Dirjen Agus.

Agus melanjutkan, dengan angkutan gratis kapal laut, para pemudik sepeda motor yang akan kembali ke Jakarta dapat lebih aman, selamat, tertib, dan nyaman menikmati perjalanan sambil beristirahat. Di kapal juga tersedia hadiah berupa TV, Handphone, voucer belanja dan lain sebagainya.