Wagub Gorontalo Hadiri Seminar Revolusi Mental

:


Oleh MC PROV GORONTALO, Jumat, 8 Juni 2018 | 10:03 WIB - Redaktur: Eka Yonavilbia - 265


Jakarta, InfoPublik – Wakil Gubernur Gorontalo H. Idris Rahim menghadiri seminar revolusi mental program penguatan kapasitas pemimpin Indonesia. Seminar yang digelar oleh Kementerian Koordinator Bidang Kemaritiman dibuka oleh Wakil Presiden RI, Jusuf Kalla, di Hotel Bidakara Jakarta, Kamis (7/6).

Wagub Idris Rahim menuturkan, dalam sambutannya pada seminar yang mengangkat tema ‘System Leadership for Innovation 4.0’, Wapres Jusuf Kalla mengatakan bahwa Indonesia harus terus mengikuti perubahan teknologi sehingga bisa memenangkan persaingan global. Namun demikian, JK juga mengungkapkan bahwa otomasi atau robotik tidak dianjurkan untuk digunakan pada seluruh aspek kehidupan.

“Peranan manusia dan peranan pekerja tetap menjadi inti. Tidak semuanya harus dikerjakan oleh robot atau secara otomasi,” tutur Idris menjelaskan arahan Wapres JK.

Idris juga mengutarakan pesan Wapres yang menghimbau agar dalam menghadapi perubahan harus memiliki sikap, pengetahuan, dan cara berfikir yang sesuai dengan karakteristik bangsa Indonesia yang menjadi ciri tersendiri dalam menghadapi setiap perubahan. Dalam Revolusi Industri 4.0, Wapres menilai Indonesia perlu menggabungkan peran tenaga manusia sekaligus tenaga robot dalam melakukan produksi.

“JK menegaskan bahwa setiap perubahan butuh pemimpin. Perubahan juga harus dihadapi dengan pengetahuan dan cara berfikir yang sesuai dengan ciri bangsa kita,” kata Wagub.

Hadir pada seminar tersebut Menko Kemaritiman Luhut Binsar Panjaitan, Menristek Dikti M. Nasir, Menpan-RB Asman Abnur, Gubernur Lemhanas Agus Widjojo, Menkominfo Rudiantara, para kepala daerah dan sejumlah pejabat lainnya. (mcprovGorontalo/Haris/Eyv)