Pasar Lelang Cabai Temanggung Jaga Harga Tetap Seimbang

:


Oleh MC KAB TEMANGGUNG, Sabtu, 26 Mei 2018 | 13:00 WIB - Redaktur: Taofiq Rauf - 724


Temanggung, InfoPublik - Pasar Lelang Cabai di Kabupaten Temanggung Jawa Tengah dapat berperan dalam menyeimbangkan harga yang otomatis akan menguntungkan petani yang  berada di wilayah tersebut.

Hal ini dikatakan Dirjen Holtikultura Kementrian Pertanian, saat melaunching Pasar Lelang Cabai di Desa Ngimbrang, Kecamatan Bulu Temanggung Rabu (23/5/2018).

Suwandi mengapresiasi upaya dan inisiatif yang dilakukan oleh Gabungan Kelompok Tani Bumi Phala (Gapoktan MIPA) untuk membangun pasar lelang tersebut.

Ia menyebutkan dengan adanya pasar lelang akan menimbulkan berbagai kelebihan serta keuntungan bagi petani. Salah satu kelebihan yaitu akan memberikan kesamaan harga antar satu kecamatan dengan kecamatan lainnya.

"Adanya pasar lelang petani dapat menikmati harga tertinggi dari penawaran yang ada, selama ini kalau nggak ada pasar lelang langsung petani menjual sendiri - sendiri sehingga harga beragam, petani kecamatan A dengan kecamatan B pasti beda harganya, kalau dengan pasar lelang disebut istilahnya one region one price jadi satu Kabupaten Temanggung harganya sama" ujarnya.

Pasar lelang yang baru pertama kali di Temanggung ini akan dipasok dari 20 kecamatan yang ada di Temanggung.

Sementara Kepala Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan Kabupaten Temanggung mengatakan Masrik Amin berharap dengan adanya pasar lelang, para pelaku yakni petani dan investor menjaga situasi sehingga tidak menimbulkan kerugian salah satu pihak. Masrik juga mengungkapkan dengan adanya pasar lelang ini nantinya petani akan mendapatkan harga yang menguntungkan. (MC TMG/Ria/Coeplis/EJP/TR)