Bangunan Tua Stasiun Jember Siap Dikembangkan

:


Oleh MC PROV JAWA TIMUR, Senin, 21 Mei 2018 | 08:31 WIB - Redaktur: Eka Yonavilbia - 793


Surabaya InfoPublik -  PT Kereta Api Indonesia Daerah Operasi (Daop) 9 Jember berencana akan mengembangkan kawasan stasiun Kereta Api (KA) yang terletak di Kota  Kabupaten Jember. Bagaimana nasib bangunan tua stasiun KA bersejarah ini masih menunggu arahan dari pemerintah pusat yakni Menteri Keuangan. 

"Daop 9 menunggu arahan pemerintah, karena stasiun itu aset negara dan kepemilikannya di bawah Kementerian Keuangan. Kalau Kementerian Keuangan mengizinkan diratakan, ya kami ratakan. Kalau tidak, ya kami akan pertahankan bangunan aslinya," Ujar  Manajer Humas dan Hukum PT KAI Daop 9 Luqman Arief, di Jember, Jumat (18/5). 

Menurut Luqman, jika dikembangkan bentuk bangunan stasiun utama tidak akan berubah. "Kami perluas mungkin hanya ruang tunggu, loket, atau tempat parkir. Tim kami sedang memproses perizinan untuk penghapusbukuan, sehingga pembangunannya segera clear. Bisa ada opsi sebagian untuk tepat pujasera atau kafe, atau bisa untuk ruang tunggu dan tempat parkir," imbuh Luqman. 

Pembangunan kawasan stasiun Jember rencananya akan dimulai setelah masa angkutan lebaran. "Mungkin pada bulan Juli. Sekarang sedang progres pengurusan perizinan. Kami sudah berkoordinasi dengan pemerintah daerah setempat, dan pemerintah daerah sudah memberi lampu hijau untuk pengembangan kawasan," tutur Luqman. (MC Diskominfo Prov Jatim/non-ryo/eyv)