Jakarta, InfoPublik - Kementerian Kesehatan memberikan tips agar tubuh tetap sehat dan bugar selama menjalankan Ibadah Puasa Ramadan, seperti yang disampaikan dalam informasi berikut ini:

1. Memilih menu sahur yang terdiri dari makanan berprotein, karbohidrat kompleks yang tinggi serat, memperbanyak konsumsi buah dan sayuran segar saat sahur akan membantu menjaga stamina tubuh saat menjalankan puasa.

2. Sebaiknya kurangi makan makanan yang terlalu manis atau asin. Gula dan garam sifatnya menarik cairan tubuh, sehingga tubuh akan cepat haus. 

3. Perbanyak minum air putih saat sahur dan berbuka.

Saat berbuka awali dengan air putih hangat, kemudian disarankan makan buah-buahan segar yang manis (tidak asam), atau dengan Kurma karena mengandung karbohidrat dan energi.

4. Tidak disarankan untuk berbuka langsung dengan porsi makan yang banyak agar sistem pencernaan mampu melakukan penyesuaian setelah seharian diistirahatkan (tidak ada makanan).

5. Makan Setelah Shalat Terawih boleh dilakukan karena tubuh sudah seharian berpuasa, namun penting untuk memahami dan menerapkan porsi piring makan dengan menu yang bergizi seimbang dan membiasakan pola makan tersebut di keseharian.

Penting diperhatikan adalah setelah makan malam jangan langsung tidur. Jeda waktu tersebut dapat diisi dengan kegiatan atau ibadah lainnya. Tetapi jangan tidur terlalu malam, agar cukup istirahat dan tetap tepat waktu bangun untuk sahur besok.

 

Sumber: Biro Komunikasi dan Pelayanan Masyarakat Kementerian Kesehatan