Sebanyak 35 Orang Sudah Mendaftar Menjadi Calon DPD dari Jatim

:


Oleh MC PROV JAWA TIMUR, Jumat, 27 April 2018 | 17:03 WIB - Redaktur: Tobari - 339


Surabaya, InfoPublik - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Jawa Timur menyatakan sebanyak 35 orang sudah mendaftar menjadi Calon Dewan Perwakilan Daerah (DPD) atau calon senator di KPU Jatim pada hari terakhir tahapan penyerahan syarat dukungan bakal calon anggota DPD, Kamis (26/4) pukul 00.00 WIB.

"Setelah kita teliti persyaratannya secara faktual mulai Kamis (26/4) hingga Jum'at (27/4) pagi pukul 07.00 WIB, KPU Jatim sudah memberikan tanda terima kepada 35 orang Calon DPD. Karena persyaratan yang telah ditentukan oleh KPU telah dipenuhi oleh calon DPD," ujar Ketua KPU Jatim, Eko Sasmito ditemui di KPU Jatim, Jum'at (27/4).

Dikatakannya, setelah proses penerimaan pendaftaran DPD ditutup, pihak KPU akan melakukan penelitian secara adminitrasi yaitu pemeriksaan dokumen dukungan, penentuan sampel hasil penelitian administrasi dukungan perbaikan kedua.

Anggota KPU Jatim, Choirul Anam mengatakan, bagi kandidat yang mendaftar, minimal harus mengantongi 5.000 dukungan yang tersebar merata di Jawa Timur.  Setelah dukungan terkumpul, KPU Jatim akan melakukan pengecekan di lapangan dan cek silang secara acak.

 "Nanti akan dilakukan verifikasi secara acak dukungan itu. Calon perseorangan minimal mendapatkan dukungan 5.000 dan tersebar di kabupaten kota di Jatim," katanya.

Dalam pantauan di lapangan, untuk incumbent DPD periode sebelumnya juga melakukan pendaftaran kembali. Diantaranya H. Ahmad Mawardi, Hj. Emilia Contesa, dan juga ada nama calon DPD baru yaitu Nadjib Hamid yang juga Wakil Ketua PW Muhammadiyah Jatim, yang juga mantan anggota KPU Jatim. (MC Diskominfo prov Jatim/non-pca/toeb)