Pemkab Lumajang Gelar Lomba PBB dan Seleksi Calon Paskibra Lumajang 2018

:


Oleh MC KAB LUMAJANG, Rabu, 18 April 2018 | 12:32 WIB - Redaktur: Kusnadi - 1K


Lumajang, InfoPublik – Untuk menyambut HUT RI ke-73 mendatang, Pemerintah Kabupaten Lumajang melalui Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) Kabupaten Lumajang menggelar Lomba PBB Kreasi dan Seleksi Calon Paskibraka Kabupaten Lumajang Tahun 2018, Senin (16/4), bertempat di Gor Wira Bhakti Lumajang Provinsi Jawa Timur.

Kepala Bidang Kepemudaan Dinas Pemuda dan Olahraga Kabupaten Lumajang Zainul Rofik dalam laporannya menyampaikan, bahwa kegiatan lomba PBB ini dilaksanakan tanggal 16 April 2018 di Gor Wira Bhakti dan diikuti oleh 39 tim peserta yang terdiri dari 19 tim putra dan 20 tim putri.

Sedangkan Seleksi Calon Paskibraka dilaksanakan tanggal 16 April di Gor Wira Bhakti dan berlanjut tanggal 17 April 2018 di Stadion Semeru dengan jumlah peserta sebanyak 424 orang dari siswa-siswi kelas X sekolah SMA/SMK/MA Negeri maupun Swasta se-Kabupaten Lumajang.

Lebih lanjut, dia juga menyampaikan, untuk tes yang diujikan pada Seleksi Calon Paskibraka antara lain yaitu tes fisik dan tes wawancara. Tes fisik meliputi lari selama 12 menit; sit up; push up; shutlle run; tes PBB; tes parade; pemeriksaan kaki x  dan o. tangan dan bahu; foot plate; berat badan ideal; tinggi badan minimal 170 cm untuk Putra dan 160 cm Putri; pemeriksaan kesehatan secara umum; serta pemeriksaan mata dan gigi. Dari hasil seleksi ini akan diambil 75 orang peserta.

“Sedangkan untuk lomba PBB, kriteria penilaiannya meliputi 50% penilaian PBB baku, 30% penilaian PBB kreasi, 10% penilaian danton dan 10% penilaian pleton dengan durasi penampilan 10 menit,” imbuhnya.

Kegiatan Lomba PBB Kreasi dan Seleksi Calon Paskibraka ini dibuka oleh Plt. Dinas Pemuda dan Olahraga Kab. Lumajang, dan menghadirkan Dewan Juri lomba PBB, berasal dari Dispora Provinsi Jawa Timur, Nardi, SH, MM.; Pelda Suparno, Pembina Paskibraka Provinsi Jawa Timur; Hari Mukti dari PPI Provinsi Jawa Timur; Pelda Tri Joko dari Kodim 0821; serta Ipda Soegeng Susanto dari Polres Lumajang.

Sementara itu, Plt. Dinas Pemuda dan Olahraga Kab. Lumajang Agus Budianto mengatakan, bahwa kegiatan ini bertujuan untuk memupuk jiwa nasionalisme yang harus ditanamkan pada siswa-siswi sebagai generasi muda penerus bangsa. Dengan harapan, ke depan, Kabupaten Lumajang bisa berpartisipasi pada lomba PBB di tingkat provinsi dan nasional.

Lebih lanjut, dia juga mengatakan, untuk lomba PBB, peserta dengan penampilan terbaik akan mendapatkan tropy dan uang pembinaan dengan total hadiah sebesar Rp. 11.500.000, yang akan diperuntukkan bagi Juara 1, 2, 3, Juara Harapan 1 dan Juara Harapan 2, baik putra maupun putri.

Adapun pemenang lomba PBB kategori Putra, antara lain Juara 1 diraih Oleh Tim Mahaputra Pinandhita SMAN 2 Lumajang, Juara 2 diraih oleh Tim Laskar Bayu Bhimala SMAN Tempeh, Juara 3 diraih oleh Tim Passmasa SMAN 1 Lumajang, Juara Harapan 1 diraih oleh Paskamapas SMAN Pasirian, dan Juara Harapan 2 diraih oleh Tim Putra SMAN Senduro.

Sedangkan, untuk pemenang lomba PBB kategori Putri, antara lain Juara 1 diraih oleh Naraya Pinandhita SMAN 2 Lumajang, Juara 2 diraih oleh Tim Putri B SMAN 3 Lumajang, Juara 3 diraih oleh P-MEN-ONE Putri SMKN 1 Lumajang, Juara Harapan 1 diraih oleh Satria Dwi Warna SMAN Tempeh, dan Juara Harapan 2 diraih oleh Paskibra Panjaitan SMAN 3 Lumajang. (MC Kab. Lumajang/Kus)