Satgas Koarmada III dan Pasmar 3 Siap Diberangkatkan ke Sorong Papua

:


Oleh MC PROV JAWA TIMUR, Jumat, 13 April 2018 | 10:04 WIB - Redaktur: Eka Yonavilbia - 661


Surabaya InfoPublik - Komandan Satuan Tugas (Dansatgas) Peresmian Koarmada III dan Pasmar 3 Laksamana Muda TNI I.N.G. Ariawan memberikan pengarahan awal kepada seluruh Prajurit Satgas, Panitia Peresmian dan Prajurit BKO Satgas yang akan berangkat ke Sorong Papua.

Arahan disampaikan di Auditorium Pusat Latihan Kapal Perang (Puslat Kaprang) Kolat Koarmatim, Surabaya, Kamis (12/4). 

Pembentukan Koarmada III dan Pasmar 3 merupakan bagian dari program 100 hari Panglima TNI Marsekal TNI Hadi Tjahjanto yang disampaikan pada saat Fit and Proper Test di hadapan DPR RI. Keputusan Panglima TNI untuk merealisasikan pembentukan Divisi III Kostrad, Koarmada III, Pasmar 3, dan Koops AU III merupakan keputusan yang sangat tepat dan strategis khususnya dalam mengantisipasi terjadinya perkembangan lingkungan strategis baik global, regional maupun dalam negeri. 

Dalam arahannya Dansatgas menyampaikan, bahwa penunjukan sebagai Satgas Koarmada III dan Pasmar 3 adalah suatu kehormatan, kebanggaan, dan bagian dari tugas atau pengabdian kita kepada Negara dan Bangsa. Seluruh prajurit Satgas harus bekerja keras, tangguh, dan tidak mudah menyerah. Sehingga perjalanan tugas dalam mengawaki organisasi baru akan berjalan dengan baik. 

Seluruh prajurit Satgas harus paham betul tentang kondisi umum wilayah Papua yang sangat jauh berbeda dengan wilayah tugas di Pulau Jawa baik dari segi politik, ekonomi, sosial budaya, maupun pertahanan dan keamanan. Penduduk asli Papua yang terdiri dari 466 suku dan bangsa dengan segala keberagaman watak, budaya dan sosial ekonominya.

“Mengingat tantangan tugas di wilayah Papua cukup berat, pesan saya agar setiap Prajurit harus tetap mempertahankan kondisi kesehatan dan jasmaninya. Demikian juga di garis belakang, siapkan keluarga kalian dengan sebaik-baiknya”, terang Laksda Ariawan. 

Lebih lanjut laksamana bintang dua tersebut juga menyampaikan rencana pergeseran personel dan material dari Surabaya ke Sorong akan menggunakan KRI jenis Landing Platform Dock (LPD) pada April minggu ketiga. Asumsi peresmian Koarmada III dan Pasmar 3 rencanannya akan dilaksanakan pada awal Mei 2018. (MC Diskominfo Prov Jatim/non-afr/eyv)