Bintan, InfoPublik - Satuan Unit Tim Saber Pungli memasuki tahun kedua dalam pelaksanaannya. Dalam beberapa operasi yang dilakukan, Tim Saber Pungli Kabupaten Bintan dinilai telah mampu meningkatkan kedisiplinan tata kelola khususnya di bidang Pemerintahan menjadi lebih disiplin dalam melaksanakan tugas sesuai dengan prosedur yang ditetapkan.

Tahun ini unit Saber Pungli Bintan mulai memasuki pengawasan terhadap dunia pendidikan. Hal ini disampaikan langsung oleh Ketua Umum Tim Saber Pungli Provinsi Kepri Kombes Pol Drs. Heru Pranoto, M.Si dalam Sosialisasi Saber Pungli UPP Provinsi Kepri terhadap Pelaksana Dunia Pendidikan di Aula Kantor Bupati Bintan, Jum'at (6/4). Kegiatan ini diikuti langsung oleh Kepala UPT, Kepala Sekolah, perwakilan Majelis Guru dan beberapa tokoh masyarakat.

"Pungli bukan istilah yang asing. Selama ini dianggap hal yang wajar tapi lama kelamaan malah meresahkan. Dunia pendidikan mulai menjadi perhatian karena kita sama-sama ingin semua elemen atau sektor apapun bebas dari pungli" ungkap Heru saat memberikan arahan.

Sekretaris Daerah Kabupaten Bintan Drs. Adi Prihantara, MM yang juga memberikan sambutan dalam sosialisasi tersebut menyampaikan pentingnya pemantapan niat dalam menjalankan tugas. Dirinya menyatakan bahwa sesungguhnya tidak akan ada kecurangan yang dilakukan jika diri ini sudah dibentengi dengan tekad yang kokoh untuk sepenuhnya mengabdi.

"Terkadang ada kebiasaan yang selama ini telah dilakukan dan dianggap hal yang wajar. Itu yang perlu diinstropeksi kembali. Niat kita yang terpenting, kita ingin menjalankan tugas dan pastikan sesuai dengan mekanismenya. Hadirnya Tim Saber Pungli jangan malah membuat kita risih, namun harus bangga supaya kita bisa lebih disiplin,"ujarnya.

Sementara itu, Ketua Pelaksana yang juga merupakan Wakapolres Bintan Kompol Dandung Putut Wibowo dalam laporannya menyampaikan bahwa selama ini dirinya bersama jajaran unit merasa bangga dengan perhatian Pemerintah Daerah yang begity mendukung keberadaan Tim Saber Pungli.

"2017 dialokasikan sebesar 140 juta dan sudah dapat kami pertanggungjawabkan. Tahun ini Pemkab Bintan kembali mengalokasikan dana dari APBD sebesar 150 juta yang akan kami manfaatkan sebaik mungkin. Apresiasi setinggi-tingginya kami sampaikan kepada Bapak Bupati dan seluruh jajaran yang selama ini memberi dukungan dan ruang kepada kami dalam melakukan pengawasan" imbuhnya.

Hadir juga dalam kesempatan tersebut Kapolres Bintan AKBP Boy Herlambang, Kajari Bintan Sigit Prabowo, beberapa jajaran FKPD Bintan serta Kepala OPD Bintan.(MC.Kab.Bintan/Eyv)