MDTA Mahadul Islami Ampang Gadang Dinilai Provinsi

:


Oleh MC KAB AGAM, Minggu, 8 April 2018 | 17:39 WIB - Redaktur: Tobari - 1K


Agam, InfoPublik - Madrasah Diniyah Takmiliyah Awaliyah (MDTA) Mahadul Islami Ampang Gadang, Kecamatan Ampek Angkek, mewakili Kabupaten Agam dalam Lomba Didikan Subuh Tingkat Sumatera Barat 2018, di Masjid Al-Muqarrabin Ampang Gadang,  Minggu (8/4).

Tim Penilai Lomba Didikan Subuh Tingkat Provinsi Sumbar melakukan penilaian di Masjid Al-Muqarrabin. Bupati Agam, diwakili Sekda Martias Wanto, turut hadir dalam kegiatan peniaian tim yang dipimpin Mukhlis Bahar itu.

Di hadapan tim penilai sekda menyampaikan, didikan subuh merupakan wujud komitmen Pemerintah Kabupaten Agam bersama dengan unsur masyarakat, untuk meningkatkan kualitas pendidikan agama.

"Pencapaian kita seyogianya bukan untuk diperlombakan saja. Akan tetapi, eksistensinya adalah sejauh mana penguasaan wawasan dan penerapan nilai-nilai keislaman tersebut dalam kehidupan sehari-hari," katanya.

Menurut sekda, kegiatan didikan subuh juga merupakan salah satu implementasi dalam mewujudkan Program Gerakan Nagari Madani.

Dengan semakin tebalnya rasa keimanan, dan aktifnya anak-anak dalam setiap MDA/MDTA maupun Magrib Mengaji yang dipantau oleh orangtuanya.

"Mudah-mudahan kegiatan ini akan melahirkan para generasi qur’ani dan menjadi garda terdepan pembentukan moral dan benteng dari pengaruh globalisasi, yang tidak bisa kita batasi perkembangannya," pintanya.

Ketua Tim Penilai, Mukhlis Bahar mengatakan, tujuan kegiatan Lomba Didikan Subuh ini adalah untuk mengevaluasi, sekaligus pembinaan kepada lembaga TPA sejauhmana pergerakan didikan subuh di laksanakan.

Beberapa hal yang menjadi poin penilaian tim dalam Lomba Didikan Subuh ini adalah penampilan para santri, mulai dari penampilan wajib dan penampilan tambahan. Kemudian partisipasi orang tua dan juga masyarakat setempat.

Turut pula hadir dalam kesempatan itu beberapa orang kepala OPD di lingkungan Pemkab Agam, Camat Ampek Angkek, Wali Nagari Ampang Gadang, Kakan Kemenag Agam, KUA Ampek Angkek, dan para orang tua santri. (MC Kab. Agam/toeb)