Bupati Agam Sampaikan Nota Penjelasan LKPJ Tahun 2017

:


Oleh MC KAB AGAM, Jumat, 30 Maret 2018 | 22:25 WIB - Redaktur: Taofiq Rauf - 425


Agam, InfoPublik - Bupati Agam Sumatera Barat, Indra Catri Dt. Malako Nan Putiah menyampaikan nota Penjelasan Laporan Keterangan Pertanggungjawaban (LKPJ) tahun 2017. LKPJ disampaikan dalam rapat paripurna, di aula utama Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Agam. Kamis (29/3). 

Bupati mengatakan, LKPJ merupakan salah satu kewajiban kepala daerah yang harus disampaikan setiap akhir tahun anggaran sebagai bahan pembahasan untuk rekomendasi perbaikan penyelenggaraan pemerintah daerah. 

"Ruang lingkup materi LKPJ Akhir tahun anggaran 2017, secara garis besar terbagi dua materi pokok, yakni laporan tentang capaian kinerja keuangan daerah selama tahun 2017, dan laporan capaian kerja penyelenggaraan pemerintahan yang disampaikan berdasarkan capaian prioritas pembangunan," ujar bupati.

Sementara itu, pendapatan daerah Kabupaten Agam tahun anggaran 2017 ditetapkan sebesar Rp1.409,5 trilyun, dengan realisasi sebesar Rp1.379,3 trilyun, dan untuk belanja daerah yang direncanakan Rp1.448 trilyun, tapi yang terealisasi berjumlah Rp1.398 trilyun.

"Ini menunjukkan realisasi pendapatan daerah mencapai 97, 86 persen dari anggaran yang ditetapkan, sedangkan untuk belanja daerah mencapai 93,97 persen dari anggaran yang di rencanakan Pemkab Agam pada anggaran 2017, pendapatan itu berasal dari Pendapatan Asli Daerah (PAD), dana perimbangan dan lainnya pendapatan yang sah," ujar bupati lagi.

Ia menyebutkan, untuk capaian prioritas pembangunan daerah Kabupaten Agam terdiri dari sembilan prioritas untuk mewujudkan visi dan misi Kabupaten Agam. Diantaranya memperkuat pemahaman dan pengalaman nilai-nilai keislaman, serta pelestarian Adat dan budaya salingka nagari, penguatan tata kelola pemerintah dan reformasi birokrasi, pembangunan sumberdaya manusia, penguatan ekonomi rakyat, penurunan tingkat kemiskinan dan pengangguran, 

Selanjutnya, pembangunan berbasis kewilayahan dan pemberdayaan masyarakat, pembangunan berwawasan lingkungan dan mitigasi bencana, dan pengembangan pariwisata unggulan, serta pembangunan dan pemerataan infastruktur.

"Mari kita terus meningkatkan persatuan dan kesatuan dalam kearifan lokal, "Basamo Mangko Manjadi", semangat ini merupakan energi kolektif yang dibangun diatas rasa kebersamaan, kemandirian dan berkelanjutan" ujar Bupati.

Paripurna dihadiri Wakil Ketua DPRD Kabupaten Agam Suharman, Taslim, dan angota DPRD Agam, Asisten di Setda Kabupaten Agam, Kepala OPD se-Kabupaten Agam, dan lainnya. (MC-Agam/TR)