Anggota DPR RI Sosialisasikan Empat Pilar Kebangsaan kepada Masyarakat

:


Oleh MC KAB ROKAN HULU, Jumat, 23 Maret 2018 | 10:59 WIB - Redaktur: Eka Yonavilbia - 653


Rohul, InfoPublik -  Untuk memberikan pengetahuan dan pemahaman mengenai empat pilar kebangsaan kepada masyarahkat dengan harapan semakin pentingnya untuk menguatkan keutuhan NKRI dalam berbangsa dan bernegara.

Anggota DPR RI dari Dapil Riau Hj. Rita Zahara SH hadir ditengah-tengah masyarakat Desa Rambah, Kecamatan Rambah Hilir, Kabupaten Rokan Hulu (Rohul), Provinsi Riau menggelar Sosialisasi Empat Pilar MPR-RI Pancasila, UUD 1945, NKRI dan Bhineka Tunggal Ika, yang dipusatkan di Aula Kantor Desa Rambah, Rabu (14/2).

Dalam acara itu turut juga dihadiri Camat Rambah Hilir Agus Salim, S.Sos, Kepala Desa Rambah Herman Hadi serta beberapa Kepala Desa lainya, Ketua BPD Desa Rambah Burhan, Tokoh Masyarakat, Tokoh Agama, Ketua Ranting KNPI Desa Rambah Iskandar dan ratusan masyarakat Desa Rambah.

Rita mengatakan bahwa kunjungannya ke Desa Rambah, Kecamatan Rambah Hilir, Kabupaten Rokan Hulu ini murni merupakan upayanya untuk memberikan sosialisasi terkait Empat Pilar MPR RI. Sosialisasi empat pilar MPR-RI ini merupakan wujud rasa nasionalis yang harus kita pupuk, dimana pancasila sebagai dasar dan ideologi negara, UUD NKRI 1945 Sebagai konstitusi negara, ketetapan MPR NKRI sebagai bentuk negara dan Bhineka Tunggal Ika sebagai semboyan Negara” papar Rita Zahara

Menurutnya, bangsa Indonesia adalah bangsa yang besar dan majemuk terdiri atas berbagai suku, bahasa dan budaya, agama, dan adat istiadat. Kemajemukan ini merupakan kekayaan, tapi sekaligus menjadi tantangan bagi bangsa Indonesia.

"Jadi, dalam menghadapi tantangan ini diperlukan kebersamaan dan persatuan dalam menghadapi dinamika kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara baik yang datang dari dalam maupun dari luar negeri," kata Hj Rita Zahara SH usai sosialisasi empat Pilar kepada rokanhulu.com

Kebhinnekaan merupakan kekayaan Indonesia yang harus diakui, diterima dan dihormati. Untuk itu, kemajemukan harus dipelihara dan di pertahankan dan terus dikembangkan.

Keberagaman ini terwujud dalam Bhinneka Tunggal Ika dan yang menjadi perekat dan pengikat kerukunan bangsa adalah nilai-nilai yang menjadi kekuatan dan pendorong untuk mencapai cita-cita bangsa yakni tumbuh dan hidup dan berkembang dalam kehidupan masyarakat dan nilai itu telah terkandung dalam sila-sila Pancasila.

"Pancasila sebagai ideologi negara harus dipahami bersama secara terbuka dengan wacana dan dialog dalam masyarakat. Kami berharap sosialisasi empat Pilar kepada masyarakat  akan menjadi corong ataupun perpanjangan mulut pemerintah dalam membina kehidupan berbangsa yang rukun dalam kerangka NKRI dan berdasar negara Pancasila. Dan terutama generasi muda sebagai penerus bangsa untuk secara sadar memahami Pancasila dan UUD 45," pinta Rita

Usai menggelar Sosialisasi Empat Pilar MPR RI kepada masyarakat, Hj. Rita Zahara SH membagikan buku Empat Pilar MPR-RI seperti Pancasila, UUD 1945, NKRI dan Bhineka Tunggal kepada masyarakat Desa Rambah. Diakhir kegiatan, Hj. Rita Zahara SH foto bersama dengan Camat Rambah Hilir Agus Salim, S.Sos dan Kepala Desa Rambah Herman Hadi dan masyarakat Desa Rambah.(MC.Rokan Hulu/Eyv)