Jakarta, InfoPublik - Ketua DPR RI Bambang Soesatyo menyatakan, sudah berkoordinasi dengan seluruh pimpinan komisi dan partai politik untuk segera menyelesaikan lima agenda penting yang terkait dengan pemilihan pejabat negara. 

Agenda yang dimaksud antara lain: pemilihan komisioner Komisi Pengawas Persaingan Usaha (KPPU), Pemilihan Gubernur Bank Indonesia (BI), Pemilihan Deputi Gubernur BI, Pemilihan Anggota Badan Pemeriksa Keuangan, dan Pemilihan Hakim Ad Hoc Hubungan Industrial di Mahkamah Agung.

“Saya sudah minta kerja sama dari pimpinan Fraksi, pimpinan komisi dan pimpinan alat kelengkapan dewan lainnya menggerakan anggotanya di Komisi terkait agar mempercepat proses pemilihan berbagai posisi penting di beberapa lembaga negara. Kita targetkan pemilihan posisi penting itu bisa selesai secepatnya,” ujar Bambang Soesatyo di Gedung DPR RI, Jakarta, Selasa (13/2). 

Dia melanjutkan, semua proses pemilihan berbagai pimpinan berlangsung transparan dengan mengedepankan asas profesionalitas dan kredibilitas. Tak perlu menunggu waktu terlalu lama, sehingga tidak terjadi kekosongan pimpinan di berbagai lembaga negara.

“DPR Zaman Now, speed kinerjanya harus ngebut. Jangan sampai ada kesan DPR mengulur waktu dan lambat menjalankan tugas. Sehingga secara langsung maupun tidak berpotensi menghambat berputarnya roda pemerintahan di masing-masing instasi terkait," katanya.

Atas kinerja DPR terkait pemilihan pejabat di atas, Bambang meminta dukungan masyarakat, agar dalam menjalankan tugas itu pihaknya dapat memilih para pejabat dengan cermat, tepat, dan kilat. "Saya mohon dukungan masyarakat," pungkasnya.