Sigli, InfoPublik –  4.146 siswa tingkat Madrasah Tsnawiyah (MTs) dan Madrasah Aliyah (MA) dalam lingkup Kantor Kementerian Agama (Kemenag) Pidie selama dua hari mengikuti simulasi Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) yang berlangsung di 43 titik.

Kepala Kantor Kemenag Pidie, Fadjli SAg bersama Kasie Pendidikan Madrasah, Drs Imran,  belum lama ini, mengatakan, pelaksanaan UNBK tahun ini telah dipersiapkan secara matang dari sebelumnya hanya satu sekolah justru tahun ini menjadi 54 sekolah.

Menurutnya, persiapan ini dilakukan dengan simulasi secara serentak. "Artinya, ini terjadi peningkatan luar biasa hingga 100 persen yang disokong penuh oleh kesiapan masing-masing kepala sekolah (Madrasah)," kata Fadhli.

Dari 4.146 perserta UNBK pada 2018 itu terdiri dari MTs sebanyak 2.685 tersebar di 35 sekolah dengan lokasi pelaksanaan di 25 titik. Sedangkan untuk tingkat MA, jumlah pesertanya sebanyak 1.461 siswa yang tersebar di 19 sekokah dengan lokasi pelaksanaan di 18 titik.

Tak hanya itu saja, pihaknya juga telah mempersiapkan segala fasilitas untuk menunjang kelancaran UNBK berupa gengset listrik, tehnisi serta operatornya. Mengingat hajatan UNBK ini diselenggarakan pada April mendatang,  simulasi yang dilakukan selama dua hari, 14 sampai 15 Februari dimaksudkan memberikan siswa lebih menguasai aplikasi format ujian dengan menggunakan komputer.

"Kami berharap UNBK tahun ini dapat berlangsung sukses tanpa kendala sekecil apapun," tukasnya.(MC Kab. Pidie/Kus)