KPU Jateng: Pers Berperan Penting dalam Pilkada

:


Oleh MC Kab. Temanggung, Sabtu, 17 Februari 2018 | 09:14 WIB - Redaktur: Elvira Inda Sari - 321


Temanggung, InfoPublik - Ketua KPU Provinsi Jawa Tengah Joko Purnomo mengatakan media massa harus dapat membangun citra dan opini yang positif dalam setiap penyelenggaraan pemilihan umum (pemilu).

"Pers mempunyai peranan yang sangat penting dalam berjalannya pilkada," ujar Joko di hadapan wartawan saat menjadi narasumber pada Forum Group Discussion (FGD) terkait peran penting media massa dalam penyelenggaraan pilkada 2018 di Jawa Tengah, Kamis (15/2).

FGD yang diadakan oleh Bidhumas Polda Jawa Tengah mengusung tema Meningkatkan Peran Media Massa Dalam Mendukung Tugas Polri Guna Terwujudnya Pilkada Serentak 2018 Yang Aman dan Damai, FGD dihadiri oleh Kapolres Jajaran Polda Jateng, Kasubaghumas, anggota serta wartawan yang wilayahnya menyelenggarakan Pilkada 2018.

Kabid Humas Polda Jateng Kombes Pol Agus Triatmaja menyampaikan pemilu yang demokratis dapat terlaksana jika dapat berjalan dengan aman, damai, transparan dan berintegritas. Ia juga menuturkan KPU tidak dapat mewujudkan hal tersebut sendiri, sehingga disini dibutuhkan peran media massa.

"Media massa adalah salah satu elemen yang memiliki peran sangat besar. Mulai dari mensosialisasikan semangat demokrasi yang diusung dalam pemilu, kemudian mengawasi berjalannya pemilihan umum," ungkap Kombes Pol Agus.

Selain itu beliau juga menambahkan, media mempunyai tugas dalam penyelenggaraan pemilu untuk membantu KPU dalam meningkatkan partisipasi dan juga kepercayaan masyarakat terhadap penyelenggara pilkada.

Narasumber lain Guru Besar FISIP Universitas Sebelas Maret Surakarta Prof. Drs. Pawito, Ph.D., juga sebagai narasumber menjelaskan pers sebagai salah satu pilar dalam demokrasi diharapkan dapat memberikan informasi yang benar kepada masyarakat. Ia berharap media massa dapat mendukung tugas Polri dalam menciptakan pilkada yang aman dan damai.(MC TMG/ Penulis, Foto : Ria / Editor : EJP/Vira)