Banyak Keunggulan, Sapi Pesisir Berpotensi Jadi Plasma Nutfah

:


Oleh MC Prov Sumatera Barat, Selasa, 13 Februari 2018 | 08:51 WIB - Redaktur: Elvira Inda Sari - 1K


Painan, InfoPublik - Sapi Pesisir yang merupakan sapi asli Kabupaten Pesisir Selatan Provinsi Sumatera Barat berpotensi dijadikan plasma nutfah atau sumber daya genetik hewan karena memiliki banyak keunggulan.

"Sapi Pesisir lebih tahan terhadap penyakit, produktivitas tinggi, dan pakannya hemat," kata Kepala Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan Pesisir Selatan, Hazrita di Painan, Minggu (11/2).

Ia menambahkan menindaklanjuti hal itu tim dari Balai Besar Inseminasi Buatan Singosari Malang dan Direktorat Jenderal Peternakan akan berkunjung ke daerah setempat melihat keunggulan Sapi Pesisir.

Kedatangan tim tidak lepas dari pengenalan secara rinci tentang keunggulan Sapi Pesisir ketika pihaknya berkunjung ke Balai Besar Inseminasi Buatan Singosari, Malang beberapa waktu sebelumnya. "Jika disetujui maka akan ada dua jenis sapi asli Indonesia yang dijadikan plasma nutfah yaitu Sapi Pesisir dan Sapi Bali," katanya.

Kendati demikian ujarnya, terdapat beberapa tahapan seekor sapi pesisir ditetapkan sebagai plasma nutfah diantaranya kemurnian keturunan dalam artian indukannya benar-benar kawin dengan sesama Sapi Pesisir. Selain itu, tentu akan dipilih Sapi Pesisir yang benar-benar unggul dari sapi sejenis baik dari segi tubuh, kesehatan dan lainnya.

Dengan ditetapkannya Sapi Pesisir sebagai plasma nutfah tentu saja kelestarian sapi akan  terjaga untuk selanjutnya. Berikutnya, diharapkan keunggulan sapi menyebar ke seluruh pelosok negeri melalui inseminasi buatan. (MC Prov Sumbar/webpessel/desy/Elvira)