KPU Lakukan Pendataan Pemilih di Lapas Se-Jatim

:


Oleh MC Provinsi Jawa Timur, Senin, 5 Februari 2018 | 12:09 WIB - Redaktur: Elvira Inda Sari - 130


Surabaya, InfoPublik - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Jawa Timur (Jatim) juga melakukan proses pendataan atau pemuktahiran data jumlah pemilih di lembaga pemasyarakatan (Lapas) se-Jawa Timur. Untuk pendataan, KPU melakukan kerjasama dengan Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia Jawa Timur dan KPU kabupaten/kota.

Komisioner KPU Jatim, Choirul Anam dikonfirmasi di Kantor KPU Jatim, Senin (5/2) mengatakan, untuk sementara, KPU Jatim telah mendata sebanyak 23 ribu penghuni Lapas di Jawa Timur. Jumlah ini masih akan bertambah seiring pemutakhiran data oleh KPU Jatim yang masih berlangsung.

Tidak seperti pelaksanaan Pencocokan dan Penelitian (Coklit) data pemilih oleh Petugas Pemutakhiran Data Pemilih (PPDP), pendataan di Lapas dilakukan dengan jalan koordinasi. "Kami berkirim surat ke lembaga pemasyarakatan terkait meminta data penghuni Lapas paling mutakhir. Karena tidak mungkin kami melakukan pendataan orang per orang," katanya.

Adapun beberapa data yang berhasil didapatkan KPU Jatim di beberapa Lapas di Jawa Timur, satu di antaranya jumlah pemilih di Rumah Tahanan Kelas I Surabaya di Medaeng, Sidoarjo, sebanyak 2.600 orang. Selain di Rutan Medaeng, KPU juga mendata sebanyak 2.317 penghuni di Lapas Kelas I Surabaya di Kebon Agung Porong, 1.014 Lapas Kelas II A Sidoarjo dan 500 orang penghuni lapas perempuan di Lapas Wanita Malang. (MC Diskominfo Prov Jatim/non-pca/Elvira)