Bone Bolango, InfoPublik - Kecamatan Kabila merupakan salah satu kecamatan yang memiliki penduduk terbesar di Kabupaten Bone Bolango (Bonebol), Gorontalo, dan hampir 100 % masyarakatnya memeluk Agama Islam.

“Berdasarkan data tersebut,secara otomatis di wilayah ini memiliki banyak masjid dan juga mushola yang dijadikan fasilitas untuk beribadah sholat berjamaah oleh masyarakat setempat,”ujar Kapolsek Kabila AKP Omizon Eka Putra, Senin (29/1).

Omizon mengatakan momentum pelaksanaan ibadah sholat berjamaah disetiap masjid dan mushola yang dia kunjungi dijadikan sebagai kesempatan untuk bersilatutahmi dan memberikan pendidikan kepada masyarakat, terutama terkait dengan keamanan dan ketertiban umum.

Menurutnya, Polsek Kabila bersama-sama dengan pemerintah Kecamatan Kabila, dan seluruh Kepala Desa dan Lurah se Kecamatan Kabila, itu setiap hari Jumat menyempatkan waktu untuk melaksanakan ibadah sholat Jumat berjamaah bersama warga masyarakat setempat secara bergilir dari masjid ke masjid.

“Setelah pelaksanaan kegiatan shalat Jumat berjamaah, saya bersama Camat Kabila Udin Kuku dan Kepala Desa/Lurah, itu memberikan imbauan dan kependidikan kepada masyarakat di setiap masjid yang dikunjungi tentang pentingnya keamanan dan ketertiban umum,”urainya.

Imbauan yang disampaikan kepada masyarakat itu, lanjut Omizon Eka Putra, antara lain ajakan untuk membantu kepolisian dan perangkat desa dan kelurahan menciptakan Kamtibmas, karena tanpa ada dukungan masyarakat maka Kamtibmas tidak akan terwujud.

Selain itu, mengimbau agar masyarakat mau menjaga kebersihan lingkungannya, karena ada pepatah Arab mengatakan bahwa "Kebersihan Sebagian dari Iman". Selanjutnya mengimbau sekaligus mengingatkan masyarakat agar tidak menjual dan mengkonsumsi minuman keras (Miras), serta tidak main judi.

“Kemudian mengimbau warga masyarakat yang memiliki peliharaan hewan ternak agar menjaga dan mengikat serta mengkadangkan hewan peliharaan, sehingga hewan tidak berkeliaran secara bebas,”tuturnya.

Pada kesempatan terpisah, Camat Kabila Udin Kuku mengharapkan agar kegiatan ini dapat dilaksanakan secara berkesinambungan dan apa yang menjadi imbauan oleh Kapolsek Kabila dapat diterima dan dilaksanakan oleh masyarakat.

“Dengan adanya program seperti ini diharapkan dapat meningkatkan keimanan dan ketaqwaan melalui setiap pelaksanaan ibadah shalat Jumat disetiap masjid yang dikunjungi dan dapat meningkatkan kepercayaan masyarakat terhadap pemerintah,”jelasnya. (MC Bone Bolango/Hms/Kadir/Eyv)