Tim Satgas Money Politic Polda Jatim Mulai Awasi Pilkada

:


Oleh MC Provinsi Jawa Timur, Kamis, 11 Januari 2018 | 07:05 WIB - Redaktur: R. Mustakim - 263


Surabaya Infopublik  – Mengantisipasi terjadinya money politic atau politik uang saat Pilkada serentak 2018, Polda Jatim telah membentuk Tim Satgas Money Politic.

Kabid Humas Polda Jatim, Kombes Pol Frans Barung Mangera menegaskan, tim saat ini sudah mulai jalan mengawasi proses pesta demokrasi yang kini mulai memasuki tahap pendaftaran pasangan bakal calon.

“Satgas money politic (politik uang) ini sudah jalan. Terkait hal ini, Polda Jatim menindaklanjuti perintah Kapolri Jenderal Tito Karnavian untuk melakukan pembetukan tim money politic  Pilkada 2018 maupun pemilihan Bupati/Walikota,” kata Barung, Rabu (10/1).

Ia menjelaskan, tim tersebut juga melekat dengan tim dari kejaksaan. Selain itu, tim juga melibatkan Tim Cyber Troops atau pasukan siber milik Polda Jatim yang memantau informasi via media sosial di dunia maya.

Barung menambahkan, dalam hal pengawasan tersebut tim tetap berkoodinasi pula dengan Bawaslu Jatim serta Panwaslu kab/kota. “Banyak tugas yang diemban oleh satgas ini, di antaranya pantau kalau ada serangan fajar di pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur maupun Bupai termasuk Walikota,” bebernya.

Tim Satgas, lanjut dia, juga gerilya di wilayah krusial termasuk jelang masa pemilihan atau pencoblosan. Tim anti politik uang tersebut diharapkannya mampu menciptakan Pilkada di Jawa Timur yang bersih sekaligus transparan.

“Yang jelas semua mulai dari tahap awal hingga pasca Pilkada tetap diawasi,” tukasnya. (MC Diskominfo Prov Jatim/non-afr)