Antisipasi Lonjakan Sembako Akhir Tahun

:


Oleh MC Kota Padang, Minggu, 17 Desember 2017 | 21:28 WIB - Redaktur: Eka Yonavilbia - 232


Padang, InfoPublik-Gor Haji Agussalim Padang, setiap pagi pada  hari libur,  selalu ramai dikunjungi masyarakat. Mereka melakukan aktivitas berolah raga seperti senam  sehatan di pelatara parkir Gor Haji Agussalim tersebut.

Sejalan dengan itu, para pedagang juga menggelar berbagai barang dagangannya.  Tim Pengendali Inflasi Daerah (TPID) Kota Padang menyikapi  kondisi setiap akhir tahun menggelar pula pasar murah  menjual kebutuhan pokok  untuk warga, kata Kepada Dinas Perdagangan kota Padang Endrizal, Minggu pagi (17/12).

Kenapa pasar murah dibuka dipelatarn parkir Gor Haji Agussalim, supaya ibu-ibu selesai berolah raga bisa berbelanja kebutuhan dapur yang diinginkannya. Harga lebih murah dari harga yang dijual disetiap pasar di Kota tercinta ini. Dan    Tim Pengendali Inflasi Daerah (TPID) Kota Padang, Dinas Perdagangan dan Bagian Perekonomian   menggelar pasar murah  kebutuhan pokok masyarakat untuk menjaga kestabilan harga sembako.

 Barang dagangan yang dijual pada minggu pagi itu mulai dari  bawang merah, cabe merah, sayur sayuran, hotikultur, beras kerja sama dengan Bulog, minyak goreng dan lain sebagainya. Harga yang disuguhkan pada masyarakat lebih murah dari Pasar sekitar 25 %, seperti bawang merah dijual hanya Rp 15 ribu perkilo gram, sedang di pasar dijual Rp 25 ribu lebih,sebut Kepada Dinas Perdagangan Kota Padang Endrizal.

Ini adalah gerakan stabilisasi pangan operasi  pasar murah. Sebab biasanya setiap akhir tahun barang-barang kebutuhan dapur harganya melonjok, dah hal ini tentu menyulitkan masyarakat untuk memenuhi kebutuhan hidup sehari-hari. Berdasarkan hal itu, dilakukan dan berusaha menekan inflasi yang disebabkan oleh kurang terkendalinya harga dan  barang kebutuhan harian warga, seperti  bawang merah, cabe merah, sayur sayuran, hotikultur , beras kerja, minyak goreng dan lain sebagainya.

“Ini kerja nyata, TPID Kota Padang yang dibuktikan  dengan  menggelar penjualan kebutuhan dapur bagi warga dengan harga yang terjangkau. Tujuannya dari kegiatan  pasar murah untuk membantu menstabilkan harga komoditi cabai, bawang merah, minyak goreng, beras, sayur-sayuran hotikultura dan lain sebagainya. Artinya masyarakat membeli barang kebutuhan sehari tetap stabil seperti harga  biasa, malah lebih murah,”ucap Endrizal. # mcpadang/Irwandi Rais

Kepala Dinas Perdagangan Endrizal dan TPID Kota Padag gelar pasar murah kebutuhan pokok dan upaya  menstabilkan harga  untuk warga di pelataran parkir Gor Haji Agussalim,Minggu Pagi (17/12) (MC.Kota Padang/Irwandi Rais/Eyv)