Command Center Palembang Segera Beroperasi

:


Oleh MC Kota Palembang, Jumat, 8 Desember 2017 | 06:44 WIB - Redaktur: R. Mustakim - 1K


Palembang, Infopublik - Tak lama lagi ruang pengendali (command center) program Smart City Pemerintah Kota Palembang segera beroperasi.

Guna memastikan semua proses berjalan lancar, Wakil Wali Kota Palembang Fitrianti Agustinda, Kamis (7/12), meninjau ruang pengendali tersebut.

Ruang pengendali itu berada di lantai III Balai Kota Palembang. Balai Kota dipilih, salah satu alasannya, untuk mempermudah kepala daerah melakukan pemantauan. Karena dekat dengan ruang kerja wali kota dan wakil wali kota.

Di ruang pengendali, nampak layar lebar yang menampilkan sejumlah lokasi di tempat-tempat strategis di Palembang, yang terhubung dengan kamera pengintai.

“Command center atau ruang pengendali ini bisa menjadi sarana untuk membantu pengawasan kota, sekaligus menunjang pelayanan data berbasis informasi,” ujar Fitrianti.

Ia menambahkan, ruang pengendali ini juga salah satu upaya Pemerintah Kota Palembang, melalui Dinas Komunikasi dan Informatika, untuk mewujudkan Asian Games 2018 di mana Palembang menjadi tuan rumah.

Secara umum, konsep smart city mengacu pada kota yang berbasis teknologi, ramah lingkungan, dan efisien dalam pelayanan publik.

Kelak untuk mengakses informasi dan layanan secara mudah dan cepat, juga murah, warga tak perlu susah payah. Bakal ada perangkat teknologi yang disiapkan.

Adapun konsep smart city, untuk tahap awal adalah pembangunan command center, kemudian persiapan platform smart city, berupa konsep seperti wadah seluruh aplikasi smart city. Selanjutnya, penyiapan pembenahan aplikasi, baik pemerintahan maupun aplikasi publik.

Penulis Ria Amelia

Penyunting Hidayatullah