Bupati Sumbawa : Peringatan Maulid Nabi Dapat Diteladani Pola dan Perilaku Kehidupan Nabi

:


Oleh MC Kab. Sumbawa, Kamis, 7 Desember 2017 | 08:00 WIB - Redaktur: Kusnadi - 518


Sumbawa Besar, InfoPublik – Bupati Sumbawa H.M. Husni Djibril B.Sc  menyampaikan, Peringatan Maulid Nabi Besar Muhammad SAW 1439 H/2017 M dapat diteladani pola dan perilaku kehidupan beliau, baik dalam kapasitasnya sebagai Hamba Allah yang sangat taat dan patuh kepada Allah SWT, pemimpin rumah tangga, pemimpin masyarakat dan pemimpin agama.

Bupati Sumbawa  juga  menyampaikan bahwa Peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW dapat  menjadi wahana bagi peningkatan keimanan dan ketaqwaan kepada Allah SWT, yang dapat memberi kekuatan untuk bermuhasabah, melakukan perenungan diri.

Bupati menyampaikan itu dalam peringatan Maulid Nabi yang dilaksanakan Rabu (6/12) pagi di Masjid Agung Nurul Huda Sumbawa Besar, yang dihadiri oleh anggota Forkopimda, pengadilan negeri, Ketua TP PKK Kabupaten Sumbawa, Ketua GOW Kabupaten Sumbawa, Toga Toma dan para kayawan karyawati Pemerintah  Kabupaten Sumbawa.

Tema peringatan Maulid Nabi tersebut adalahj “Dengan Peringatan Maulid Nabi Besar Muhammad SAW 1439 H/2017 M, Kita Tingkatkan Ukhuwah Islamiyah Menuju Sumbawa Hebat dan Bermartabat”.

Pada kesempatan itu, Bupati juga menyampaikan beberapa hal penting yang perlu disikapi bersama di Kabupaten Sumbawa antara lain, memasuki puncak musim penghujan agar semua warga masyarakat lebih menjaga kebersihan lingkungan dengan tidak membuang sampah sembarangan

Bupati juga mengingatkan untuk melakukan gotong royong secara rutin untuk membersihkan saluran-saluran drainase di lingkungan sekitar agar tidak terjadi banjir dan tidak terjangkit penyakit menular yang biasa terjadi di musim hujan, seperti demam berdarah, diare, penyakit kulit, ispa, dan leptospirosis yang biasa ditularkan oleh tikus.

Bupati juga menghimbau kepada semua aparatur pemerintah di kecamatan, sampai ke kepala dusun, ketua RT/RW, agar tanggap terhadap laporan dan keluhan masyarakat terkait bencana maupun wabah penyakit, dan segera melakukan koordinasi dan bersinergi dengan institusi terkait serta melaporkannya kepada pimpinan di daerah.

Bupati mengingatkan agar selalu menjaga kondusifitas wilayah dan meningkatkan kewaspadaan terhadap berbagai tindak kejahatan, termasuk hal-hal yang dapat memecah belah persatuan dan kesatuan di Kabupaten Sumbawa, agar terwujud visi pembangunan Kabupaten Sumbawa yakni  "terwujudnya masyarakat sumbawa yang berdaya saing, mandiri, dan berkepribadian berlandaskan semangat gotong royong".

“Semoga dengan Peringatan Maulid Nabi tahun ini lebih memberikan suntikan semangat ibadah individual maupun ibadah sosial, dengan demikian bukan saja kita shaleh di hadapan Allah SWT semata, namun juga shalih secara sosial, bermanfaat bagi masyarakat di sekitar kita. Akhlak mulia itulah yang perlu kita warisi secara bersama-sama, sehingga kita mampu berkiprah dengan baik untuk mewujudkan masyarakat madani, Sumbawa yang Hebat dan Bermartabat,” pungkas Bupati.

Sebelumnya, Dea Guru Syamsul Ramadan M.Ab dalam  hikmah Maulid Nabi Muhammad SAW Menyampaikan untuk mensyukuri rahmat Allah SWT, kemudian melakukan evaluasi, meneladani sifat baik yang melekat pada diri Rasulullah SAW, sehingga bisa menjadi umat terbaik yaitu umat yang melaksanakan amar ma’ruf nahi mungkar yang artinya mengajak kepada kebaikan dan mencegah kemungkaran, dan berima kepada Allah SWT, baik dalam aspek ibadah ritual maupun ibadah sosial. (ra/mckabsumbawa/Kus)